Religi | Ada Banyak Tuhan di Dunia; Tuhanku Bukanlah Tuhanmu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 03 Oktober 2024

    Religi | Ada Banyak Tuhan di Dunia; Tuhanku Bukanlah Tuhanmu

    Ada banyak Tuhan di dunia ini. Masing-masing agama memiliki Tuhannya sendiri; yang masing-masing mengklaim pula Tuhannya tidak sama dan bukanlah Tuhan yang disembah oleh umat agama lainnya.

    Jika di dunia terdapat ratusan, ribuan bahkan mungkin jutaan agama/kepercayaan, maka Tuhan pun jumlahnya menyesuaikan jumlah agama/kepercayaan itu.

    Ambil contoh saja, Tuhan dalam agama Abrahamik (Samawi); ada Tuhan bernama Yahweh (YHWH), Yehova, Hashem, Elohim; banyak nama tapi 1 oknum. Ada Tuhan yang diklaim Maha Esa tapi memiliki 3 pribadi (Tritunggal), Trinitas); Bapa, Putra dan Roh Kudus, dan ada pula Tuhan yang tak seseuatu pun serupa denganNya yakni Allah. 

    Penyembahan kepada Tuhan yang berbeda-beda itupun memiliki tata caranya sendiri-sendiri yang juga berbeda-beda. Kalau saja Tuhan itu cuma 1 dengan banyak nama atau sebutan, niscaya tata cara penyembahannya tidaklah berbeda-beda; dan tentu pula tak perlu banyak agama/kepercayaan.


    Karena ada banyak Tuhan yang berbeda-beda itu; sehingga kepentingan Tuhan-Tuhan itupun jadi berbeda-beda pula, dan tak menutup kemungkinan diantara para Tuhan itu terjadi persaingan, perseteruan, pertengkaran bahkan perkelahian dan peperangan yang diwakili oleh masing-masing penyembahnya.

    Ketika Milisi Hizbullah menyerang Israel, mereka tentu berdoa kepada Allah agar Tuhan mereka ini menghancurkan Israel, begitupun sebaliknya waktu Israel menyerang Lebanon dimana Hizbullah berada; para tentara Israel tentulah berdoa dan memohon kepada YHWH agar menghancurkan Hizbullah. 

    Begitupun di masa lalu waktu terjadi Perang Salib; para Tentara Muslim berdoa dan memohon kepada Allah agar mereka menang perang, sebaliknya Tentara Salib Kristen juga berdoa dan memohon kepada Tuhan Tritunggal agar mereka dapat mengalahkan Tentara Muslim. ©Jurnalisia™
    👀 1993

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...