Interaktif | Tak Ada Wakil Wong Cilik di DPR - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 17 Oktober 2024

    Interaktif | Tak Ada Wakil Wong Cilik di DPR

    Interaktif,
    Tidak ada yang mewakili orang kecil di DPR.

    Kalimat itu suatu kali dilontarkan oleh Frans Magnis Suseso, seorang Imam Katholik yang juga adalah Dosen di Indonesia.

    Istilah "orang kecil" di Indonesia dikenal sebagai juga wong cilik; rakyat yang hidup di bawah garis kemiskinan dan bahkan tak sedikit yang termarjinalkan.

    Pertanyaan sekaligus pernyataan Frans Magnis Suseno yang juga dipanggil Romo Magnis ini; "Dalam DPR sekarang siapa yang mewakili orang kecil, nggak ada, karena kita tidak punya partai kiri."

    Menurut Romo Magnis, kiri itu tidak sama dengan komunis; yang di Indonesia sejak 1965 kata "komunis" ini dianggap momok sangat menakutkan bagi kebanyakan orang Indonesia dan sangat layak dibasmi.

    Ditambahkannya, kebanyakan demokrasi; ada partai yang memang akan dipilih misalnya oleh petani kecil, buruh industri, nelayan kecil, orang yang seperti di Jakarta hidup mereka di pinggir jalan; tak ada partai yang mewakili mereka semua ini.

    "Yang masuk ke DPR hanya orang yang kaya raya. Saya tidak mengatakan semua orang kaya raya itu orang korup; tidak, tapi tentu mereka tidak bisa mewakili orang kecil," ungkap Romo Magnis.

    Nah, apakah Anda sependapat dengan Romo Magnis atau tidak, silakan tulis komentar di kolom yang disediakan di bawah ini. ©Jurnalisia™
    👀 2925

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...