Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Teluk Aru Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 02 September 2024

    Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Teluk Aru Kotabaru

    Kotabaru,
    Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaka Kotabaru, Drs. Minggu Basuki, M. AP mewakili Bupati menghadiri sekaligus membuka Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Minggu (01/09/24).

    Acara Adat Malasuang Manu adalah budaya adat kearifan lokal keturunan etnis Mandar dengan melepas sepasang ayam jantan dan betina di bibir pantai Teluk Aru atau ke Pulau Cinta yang terus dilaksanakan secara turun temurun.

    Selain itu diadakan Katir Race yang merupakan perahu layar khas Suku Mandar untuk mencari ikan maupun alat transportasi.

    Kegiatan tersebut termasuk Kalender Event Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru yang berkolaborasi 4 desa di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan; Desa Teluk Aru, Kerasian, Kerayaan dan Desa Kerumputan.

    "Tentu saja sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta namum juga sebagai pelestarian nilai-nilai budaya itu sendiri bagi generasi penerus kita. Katir Race sendiri yang mana dulunya sebagai sarana mencari ikan dan alat transportasi, kini telah menjadi sport tourism. Dan perlu diketahui Katir Race yang ada di Kalimantan Selatan hanya ada di Kabupaten Kotabaru," jelas Kepala Disparpora Kabupaten Kotabaru, Sony Tua Halomoan. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto
    👀 7032

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...