Tradisi Suku Bajau Sammah, Magic From the Sea - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 23 Agustus 2024

    Tradisi Suku Bajau Sammah, Magic From the Sea


    Kotabaru,
    Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Kabupaten Kotabaru mengadakan perhelatan budaya bahari yang eksotis, yaitu Upacara Adat Selamatan Leut Bajau Sammah dengan tema “Magic From The Sea.”

    Ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Budaya Saijaan (FBS) 2024 dan berlangsung di Objek Wisata Rampa Berkah kotabaru, Kamis (22/08/24).

    Pesta adat ini merupakan tradisi yang dijalankan oleh para nelayan Suku Bajau Sammah sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, keselamatan, serta hasil tangkapan yang melimpah, juga menjadi wujud rasa syukur para nelayan atas perlindungan dan berkah yang telah diberikan selama ini.

    Kepala Disparpora Kabupaten Kotabaru, Sony Tua Holomoan mewakili Bupati Kotabaru dalam sambutannya mengatakan, acara ini diadakan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah diwariskan turun-temurun.

    “Saya mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam melestarikan adat budaya dan kearifan lokal yang ada. Ini bukan hanya tentang mempertahankan jati diri dan kepribadian, tetapi juga tentang menjadikan budaya kita sebagai daya tarik wisata yang mendukung kemajuan daerah," kata Sony. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto
    👀 4450

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...