Sosialisasi E-Walidata dan Validasi Data di SKPD Pemkab Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 07 Agustus 2024

    Sosialisasi E-Walidata dan Validasi Data di SKPD Pemkab Kotabaru

    Kotabaru,
    Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru melalui Bidang Statistik menyosialisasikan dan memvalidasi data E-Walidata untuk Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), bertempat di satu hotel di Kotabaru, dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo, Gusti Abdul Wakhid, Selasa (06/08/24).

    Aplikasi E-Walidata adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data perencanaan yang dimulai dari tahapan perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dengan berbasis data.

    SIPD dimulai proses E-Walidata yaitu data perencanaan pembangunan daerah yang dilanjutkan dengan proses dan analisis dan profil pembangunan daerah; berisikan tahapan diantaranya perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan data yang melibatkan walidata, produsen data dan pembina data.

    Kepala Diskominfo menyampaikan, E-Walidata ini sebaiknya harus dibagi dan digunakan ke forum SKPD dan seluruh masyarakat umum; sehingga nantinya apapun visi misi dari Bupati bisa terhimpun baik; dari pendidikan, kesehatan dan lainnya.

    "Dan saat ini data yang dihimpun masih sedikit. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini bisa berkoordinasi satu sama lain supaya semua data dapat dikumpulkan sebanyak-banyaknya," ucap Kepala Diskominfo.

    Narasumber adalah Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru, Rurien Sri Harjanti memaparkan materi pengenalan E-Walidata pada SIPD RI serta bagaimana cara penyusunan tahapan pada perencanaan pemilihan data berdasarkan urusan. Narasumber lainnya dari BPS, Septiana Nur Santi memaparkan tentang pengenalan satu data Indonesia dan metadata.

    Kegiatan ini dihadiri seluruh SKPD dengan menghadirkan Pejabat yang menangani penyediaan data perangkat Daerah. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto
    👀 5108

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...