Penjualan Semen dan Klinker Indocement Meningkat - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 17 Agustus 2024

    Penjualan Semen dan Klinker Indocement Meningkat

    Kotabaru,
    Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) mencatatkan hasil keuangan yang solid pada paruh pertama tahun 2024. Perusahaan berhasil membukukan volume penjualan semen dan klinker sebesar 9.032 ribu ton, meningkat 8 persen atau 672 ribu ton dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Peningkatan penjualan ini didorong terutama oleh kontribusi dari PT Semen Grobogan yang turut memperluas pangsa pasar domestik Indocement. Dengan peningkatan ini pangsa pasar semen domestik Indocement mencapai 29,4 persen, dengan distribusi sebesar 37,7 persen di Jawa dan 20,5 persen di luar Jawa.

    Namun di sisi ekspor perusahaan mengalami penurunan penjualan hingga 45,6 persen dengan total volume ekspor hanya mencapai 163 ribu ton.

    Pendapatan bersih Indocement naik 1,9 persen menjadi Rp 8,12 trilyun pada Semester I 2024. Kenaikan ini didukung oleh pertumbuhan penjualan semen curah; yang meningkat signifikan menjadi 30,2 persen dari total volume domestik dibandingkan 27,3 persen pada periode yang sama tahun lalu.

    Meskipun daya beli masyarakat yang lemah dan potensi dampak Pilkada pada Nopember mendatang; dapat menekan permintaan semen kantong, perusahaan tetap berharap kondisi cuaca yang lebih baik dan berkurangnya hari libur akan mendukung aktivitas konstruksi pada paruh kedua tahun ini. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto
    👀 13921

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...