Ketua RT Ini Prakarsai Lomba Kebersihan Lingkungan di Komplek Perumahan Warga - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 25 Agustus 2024

    Ketua RT Ini Prakarsai Lomba Kebersihan Lingkungan di Komplek Perumahan Warga

    Tanah Bumbu,
    Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 79 Perumahan Bumi Datar Laga khusus RT 8 Desa Kupang Berkah Jaya Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu mengadakan lomba kebersihan. 

    Lomba antar blok di perumahan ini bertajuk "Menuju lingkungan atib berseri (aman tertib bersih segar dan indah)", diikuti sebanyak 7 blok dari 12 blok dengan tujuan agar meningkatkan kesadaran warga untuk membersihkan lingkungannya masing-masing terutama dalam hal pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

    Kriteria lomba yaitu kebersihan, keindahan, kebersamaan, dan kreativitas. Khusus kebersihan yang akan dinilai adalah pengelolaan sampah, tersedianya tempat sampah standar, ada tidaknya sampah berpotensi penampung jentik, ada atau tidak adanya ditemukan jentik, dan kebersihan lingkungan. 

    Penilaian dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2024. Tim penilai terdiri dari petugas Puskesdes Kupang Berkah Jaya, Puskesmas Simpang Empat, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

    Hasil penilaian secara umum semuanya bersih dan indah. Pemenang I adalah Blok Q, Pemenang II Blok S, Pemenang III Blok R, dan Pemenang Harapan I Blok O. 

    Panitia menyiapkan hadiah dengan total Rp 2 juta dan piala yang dibagikan pada event jalan sehat di lingkungan perumahan tanggal 25 Agustus 2025.

    Pada kesempatan pembagian hadiah, Misranudin sebagai juri penilaian memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perumahan Bumi Datar Laga khususnya RT 8. 

    "Ini memberikan motivasi kepada warga untuk selalu membersihkan lingkungannya terutama terhadap sampah yang berpotensi menampung jentik," ungkap Misranudin.

    Ia juga meminta agar kegiatan ini ditingkatkan ke tingkat RT, Desa, Kecamatan bahkan sampai ke tingkat Kabupaten. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada semua warga yang sudah berusaha melakukan gotongroyong sehingga membuat lingkungannya menjadi bersih.

    Menurut istri Ketua RT, lomba kebersihan ini diprakarsai oleh suaminya untuk mengajak warga agar segera melaksanakan kebersihan lingkungan setelah adanya kasus DBD dan tentunya ini juga karena dukungan dari warga. 

    Ia mengharapkan agar warga lebih sadar kebersihan lingkungan; sehingga ke depan tidak ada lagi kasus DBD. 

    Juga meminta kepada pihak Pemerintahan Desa untuk mendukung setiap kegiatan yang menyangkut kepentingan warga. 

    "Masalahnya menurut saya kesehatan warga yang diawali dari kebersihan lingkungan juga sangat penting mendapat dukungan dari Pemerintahan Desa dengan cara menggerakkan semua RT untuk memantau warganya agar peduli dengan kebersihan lingkungan," pungkas istri Ketua RT. ©Jurnalisia™
    👀 9732

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...