BPBD Tanah Bumbu Update Data Rawan Bencana - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 03 Agustus 2024

    BPBD Tanah Bumbu Update Data Rawan Bencana

    Tanah Bumbu,
    “Dalam rangka mengupdate data-data kebencanaan BPBD melakukan pemetaan desa rawan bencana yang ada di Tanah Bumbu,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Tanah Bumbu, Sulhadi, belum lama ini.

    Menurut Sulhadi, pelaksanaan pertama dari kegiatan ini dilakukan di Kecamatan Satui; dengan mengunjungi beberapa desa yang rawan bencana khususnya bencana banjir. Pemetaan dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data geografis maupun demografis terkait kebencanaan di desa.

    Sebelumnya pemetaan desa rawan bencana dilaksanakan BPBD pada tahun 2022. Update pemetaan agar bersifat dinamis seperti data kelompok rentan, tempat evakuasi, dan data dinamis lainnya.

    Diharapkan adanya pemetaan ini daerah sudah memiliki data-data dasar terkait kebencanaan; sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan baik yang sifatnya mitigasi/pencegahan dan pengurangan resiko bencana maupun yang sifatnya kedaruratan saat terjadi bencana.

    “Kegiatan ini dijadualkan akan diselenggarakan di 72 desa dari semua kecamatan yang ada di Tanah Bumbu,” pungkas Sulhadi. ©Jurnalisia™
    👀 5683

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...