Bahasa | Antara Banyu dan Bagno Dalam Bahasa Italia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 04 Agustus 2024

    Bahasa | Antara Banyu dan Bagno Dalam Bahasa Italia

    foto ilustrasi : riset.guru

    Perbaiki Bahasa Indonesia kita. Kalau bukan kita yang menjaga dan memeliharanya siapa lagi. Kita tentu tak ingin Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu sekitar 280 juta jiwa lebih rakyat Indonesia saat ini diklaim oleh bangsa lain nantinya.

    Maka pergunakanlah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar; baik secara lisan maupun tulisan. Berbahasalah ataupun berbicaralah secara sederhana; sehingga dapat dimengerti oleh semua kalangan hingga seseorang yang tak berpendidikan pun mengerti dan paham apa yang kita bicarakan.

    Kali ini kita membahas kata yang sangat sering diucapkan oleh orang Indonesia terutama di kalangan Suku Jawa dan Suku Banjar yakni; banyu, atau air dalam Bahasa Indonesia.

    Ada penyebutan yang mirip dengan kata "banyu" ini dalam Bahasa Italia yakni "bagno" yang diucapkan atau dilafalkan sebagai; "banyo". 

    Meski pengucapannya mirip, namun arti dan maksudnya berbeda, namun masih ada keterkaitannya.

    Bagno (baca; banyo) dalam Bahasa Italia berarti kamar mandi, atau bathroom dalam Bahasa Inggris. 

    Nah, kalau kita ke kamar mandi dan tujuannya tentu saja ingin mandi, maka yang dipakai untuk mandi tentu saja yang paling utama adalah; banyu atau air. Sangat tidak mungkin ada orang yang mandi tapi tak menggunakan banyu yang tujuannya membersihkan badan. 

    Jadi, jika kita mendengar kata "banyu", maka ingatlah kata "bagno" dalam Bahasa Italia yang berarti kamar mandi; yang mana didalamnya terdapat banyu untuk mandi.

    Nah, itulah kata yang kami maksud, mungkin masih banyak yang lain; akan kita bahas di lain waktu. ©Jurnalisia™
    👀 6098

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...