Tanah Bumbu Berisiko Terdampak Polio - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 19 Juli 2024

    Tanah Bumbu Berisiko Terdampak Polio

    Tanah Bumbu,
    Status KLB (Kejadian Luar Biasa) Polio hingga kini belum dicabut oleh World Health Organisasion (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia.

    Indonesia berisiko tinggi khususnya Polio Tipe 2, maka dilaksanakan PIN Polio; sebagaimana riwayat terjadinya kasus Polio sebelumnya dan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran kasus Polio.

    KLB virus polio cVDPV2 sejak akhir 2022; masih saja dilaporkan hingga saat ini; di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta yang terkini di Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. 

    Hal itu seperti diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, dr. Arman Jaya Ricky saat membuka Koordinasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN), belum lama ini.

    Adapun respon KLB Polio yang terjadi dilaksanakan imunisasi tambahan memakai nOPV2 (sesuai rekomendasi WHO). Sasaran imunisasi yaitu anak usia 0-7 tahun dengan target cakupan minimal 95 persen; untuk masing-masing putaran atau dosis.

    “Tanah Bumbu dari cakupan PIN Polio sebelumnya; tidak terlalu maksimal, sehingga masuk kabupaten berisiko terdampak Polio; sehingga kita bersama bisa mencegah kejadian Polio di daerah,” kata dr. Arman.

    Isu imunisasi di Indonesia masih hal yang sensitif; menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, sehingga  diperlukan koordinasi lintas sektor untuk pelaksanaannya. ©Jurnalisia™
    👀 4423

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...