Sekedar Tahu | Kebobolan Data Siber di Sejumlah Negara Eropa Ini Lebih Parah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 24 Juli 2024

    Sekedar Tahu | Kebobolan Data Siber di Sejumlah Negara Eropa Ini Lebih Parah

    Internasional,
    Beberapa waktu lalu jagat maya Indonesia dihebohkan oleh Hacker yang membobol Pusat Data Nasional yang dikelola Kementerian Kominfo RI. Banyak orang yang kuatir data-data penting terkait identitas dan yang terkait dengan transaksi keuangan dicuri dan digunakan pihak lain.

    Ternyata masalah bobolnya data-data penting ini bukan cuma dialami Indonesia tapi juga negara-nagara lainnya di dunia, yang mana ini kaitannya dengan keamanan siber.

    Menurut data dari National Cybersecurity Index tahun 2023; Indonesia berada di urutan ke 49 dunia terkait keamanan siber dengan persentase kebobolan 63,64 persen.

    Negara di dunia yang tingkat keamanan siber-nya sangat lemah adalah Negara Belgia dengan tingkat kebobolan sebesar 94,81 persen; berada di peringkat pertama negara yang sering kena bobol Hacker.

    Sistem keamanan siber yang lemah dan sering dibobol oleh para Hacker; didominasi oleh negara-negara Eropa yakni di urutan ke 2 adalah Lithuania; 94,81 persen, Estonia 93,51 persen, Republik Ceko 90,91 persen, Jerman 90,91 persen, Rumania 89,61 persen, Yunani 89,61 persen, dan Portugal 89,61 persen.

    Negara di Asia lainnya; di kawasan Asia Tenggara yang sering dibobol oleh Hacker adalah Singapura dengan tingkat kebobolan sebesar 71,43 persen berada di urutan ke 31 dunia. ©Jurnalisia™
    👀 12532

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...