Sekedar Tahu | Inilah Sosok 9 Naga, Semuanya Keturunan China - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 19 Juli 2024

    Sekedar Tahu | Inilah Sosok 9 Naga, Semuanya Keturunan China

    Nasional,
    Selama ini sering kita dengar istilah "9 Naga" yang namanya cukup membuat gendang telinga orang bergetar. Konon 9 Naga ini merupakan penguasa di Indonesia; bukan cuma menguasai ekonomi tapi juga dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah dan politik di negeri ini.

    Siapa saja kah mereka ? Simak di bawah ini yang kami kutip dari laman Stockwise Indonesia.

    Naga Pertama adalah Robert Budi Hartono atau Oei Hwie Tjhong, yang paling dikenal dari sosok ini adalah Bank Central Asia (BCA) yang dimilikinya, merupakan bank swasta terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara.

    Anda pergi naik pesawat ke berbagai wilayah di Indonesia dengan maskapai penerbangan Lion Air, pemiliknya adalah sosok yang bernama Rusdi Kirana.

    Naga berikutnya adalah Sofjan Wanandi atau Liem Bian Khoen, pengusaha pemilik Santini Group, Naga selanjutnya adalah Edwin Soeryadjaya atau Tjia Han Poen, merupakan pendiri PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

    Jacob Soetoyo, yang menjabat selaku pendiri dan pemilik perusahaan Surya Citra Media (SCM), satu perusahaan media yang memiliki beberapa stasiun televisi seperti SCTV, Indosiar, O Channel dan lain-lain. 

    James Riady atau Li Bai, adalah Pemilik Group Lippo dan PT Siloam International Hospital Tbk, ia ini merupakan anak dari konglomerat bernama Mochtar Riady, pendiri Group Lippo.

    Tomy Winata yang sering diinisial sebagai TW, merupakan pemilik dari Artha Graha Network dan PT Bank Artha Graha Internasional Tbk.

    Anthoni Salim atau Liem Hong Sien, merupakan anak dari Sudono Salim atau lebih dikenal sebagai Liem Sioe Liong; adalah pemilik dari Salim Group.

    Naga ke 9 adalah Dato Sri Tahir atau Ang Tjoen Ming, yang adalah pemilik dari Mayapada Group yang unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS). 

    Kenapa mereka dijuluki sebagai Naga ? Karena mereka semua adalah pengusaha keturunan China yang negerinya identik dengan hewan Naga yang menjadi mitos dan legenda di negeri yang juga dijuluki sebagai Tirai Bambu itu. ©Jurnalisia™
    👀 4602

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...