Sekedar Tahu | Ini Sejumlah Negara Tak Berutang ke IMF Termasuk Indonesia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 16 Juli 2024

    Sekedar Tahu | Ini Sejumlah Negara Tak Berutang ke IMF Termasuk Indonesia

    Internasional,
    IMF (International Monetary Fund) merupakan lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dana ke negara-negara yang memerlukannya. IMF ini tak ubahnya bank, terdapat diantaranya yang menyebut IMF sebagai "Rentenir" kelas dunia.

    Banyak negara terutama negara-negara berkembang yang meminjam dana ke IMF ini termasuk Indonesia, tapi dulu, sekarang diketahui Indonesia tak lagi punya utang ke IMF karena sudah dilunasi pada 2023 lalu.

    Dikutip dari CMBC, terdapat sejumlah negara di dunia yang tak punya utang ke IMF; tentunya termasuk Indonesia, hanya saja Indonesia punya utang ke lembaga keuangan dunia lainnya seperti World Bank atau Bank Dunia yang rasio utang terhadap PDB (Product Domestic Bruto) pada 2024 ini mencapai 39,3 persen.

    Inilah sejumlah negara yang tak punya utang ke IMF dengan rasio pinjaman terhadap PDB-nya ke lembaga keuangan lain selain IMF.

    Satu-satunya negara di dunia yang sama sekali tak memiliki utang adalah Makau. Bagian dari Negara China ini statusnya adalah propinsi otonom tapi sudah seperti negara tersendiri seperti halnya juga Hongkong.

    Negara yang juga tak punya utang ke IMF adalah Brunei, namun negara ini masih punya utang dengan rasio terhadap PDB-nya adalah 2,3 persen. Lalu Turkmenistan dengan rasio utang sebesar 4,7 persen, Tuvalu dengan rasio 7 persen, Kuwait 7,1 persen, Hongkong 9 persen, dan kiribati sebesar 9,9 persen. ©Jurnalisia™
    👀 4098

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...