Religi | Pulang Ibadah Haji Dipanggil Haji, Pulang Shalat Dipanggil Apa ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 12 Juli 2024

    Religi | Pulang Ibadah Haji Dipanggil Haji, Pulang Shalat Dipanggil Apa ?

    Religi,
    "Nabi Muhammad Rasul kita ga pernah dipanggil haji, itu kesombongan, biasa aja kali........"

    "Waktu itu bukan umrah, haji Bo !"

    Itulah 2 kalimat yang sempat viral di jagat maya negeri +62 yang sebagian orang ada pula yang menyebutnya sebagai Negeri Konoha.

    Kalimat pertama dilontarkan oleh Penceramah yang terkenal dipanggil Mama Dedeh, yang menegur seorang wanita yang memperkenalkan diri sebagai haji di ceramahnya Mama Dedeh.

    Yang kedua adalah dilontarkan oleh ibu dari Tariq Halilintar dari keluarga yang dikenal sebagai Gen Halilintar.

    Sebutan atau gelar Haji dan Hajah akhir-akhir ini menjadi sorotan banyak orang di Indonesia, karena sebutan ini sudah mentradisi sejak lama sebelum Indonesia merdeka, bahkan juga berlaku di sebagian wilayah di Malaysia, Brunei, Singapura dan Thailand bagian selatan yang berpenduduk Muslim.

    Dikutip dari situs Kemenag, sebutan Haji ini adalah tradisi yang dimaksudkan untuk menghargai perjuangan mereka yang telah menyempurnakan Rukun Islam-nya yang di jaman dulu penuh dengan perjuangan melakukan perjalanan yang lama dan berat.

    Sebutan Haji ini bagi sebagian orang; memang mereka kehendaki sebagai pembeda antara Muslim yang sudah menunaikan ibadah haji dengan yang belum, dan juga untuk meningkatkan status sosial dan keagamaan.

    Di banyak negara yang terdapat Muslim terutama di negara-negara dimana Muslim adalah minoritas; sebutan Haji tidaklah populer. Sebut saja di Amerika Serikat, 2 Petinju legendaris yang adalah Muslim dan sudah menunaikan ibadah haji; Muhammad Ali dan Mike Tyson; keduanya tak mencantumkan sebutan haji di depan nama mereka, dan mereka pun tak dipanggil haji.

    Perihal sebutan dan panggilan Haji ini tak sedikit kini orang yang mencibir, karena dianggap sudah tak relevan, dan terdapat pula anggapan ibadah haji tidaklah terlalu istimewa dibanding ibadah lainnya terutama ibadah shalat yang dalam Islam dikatakan sebagai tiang agama.

    "Apa kalau kita pulang shalat dipanggil ibu shalat, apa kalau kita habis zakat dipanggil ibu zakat, apa kalau kita habis puasa dipanggil ibu puasa, pernah kah dalam Quran dan Hadits Nabi pulang haji dipanggil bu haji ?" Ini pertanyaan Mama Dedeh yang ia sudah jawab sendiri untuk semua yang hadir di ceramahnya. ©Jurnalisia™
    👀 8907

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...