Pertemuan "Kapakat" Para Mantir dan Damang Kabupaten Kapuas - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 11 Juli 2024

    Pertemuan "Kapakat" Para Mantir dan Damang Kabupaten Kapuas

    Kuala Kapuas,
    Damang Kepala Adat Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, Manli D. Apil, SH melaksanakan pertemuan 'kapakat' dengan Mantir Kepala Adat Kelurahan dan Desa, Kamis (11/07/24), bertempat di Sekretariat Kedamangan Kecamatan Selat.

    Pertemuan Damang Kepala Adat dan Mantir Adat yang biasa dilaksanakan per 3 bulan ini ditambahkan juga dengan pembayaran insentif dana untuk operasional para Mantir wilayahnya di lapangan setelah makan siang bersama.

    "Pada pertemuan Damang Selat dan Mantir yang kami sebut 'kapakat' ini adalah salah satu bentuk kami bersosialisasi bersama agar persatuan dan kebersamaan kami suku Dayak semakin kuat dan siap mendukung keberadaan pimpinan dan pemerintahan di Kabupaten Kapuas ini," ungkap Manli D. Apil, SH.

    Sementara itu Hartodiani alias Totong, Mantir Kepala Adat Desa Pulau Telo Kecamatan Selat menyampaikan, mereka semua semakin bangga dengan tugas dan kewajiban sebagai Mantir yang langsung berhubungan dengan masyarakat khususnya masyarakat adat Dayak.

    "Kami seluruh Mantir yang ada sangat bangga dengan Damang Kepala Adat Kecamatan Selat saat ini, Manli D. Apil, SH. Salah satunya pertemuan yang selalu rutin dilaksanakan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas untuk selalu melestarikan dan menjalankan adat dan budaya suku Dayak," pungkas Totong.

    Ia juga menyampaikan mereka semua juga mendapatkan buku petunjuk dan pelaksanaan hukum adat secara gratis setelah makan siang bersama. ©Jurnalisia™

    Penulis : Dolok
    👀 10162

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...