Pelabuhan Panjang Kotabaru, Ikon Yang Masih Bertahan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 09 Juli 2024

    Pelabuhan Panjang Kotabaru, Ikon Yang Masih Bertahan

    Kotabaru,
    Bagi warga Kotabaru Pulau Laut tentu sudah tak asing dengan Pelabuhan Panjang, yang berlokasi tak jauh dari objek wisata Siring Laut.

    Entah sudah berapa dekade usia Pelabuhan Panjang, yang keberadaannya sangat vital hingga kini sebagai tempat bongkar muat barang dan penumpang baik lokal maupun dari luar daerah.

    Dan entah kenapa disebut Pelabuhan Panjang, yang jelas memang pelabuhan ini lebih panjang daripada yang lain yang terdapat di Kotabaru Pulau Laut.

    Pelabuhan yang berkonstruksi Kayu Ulin, kayu yang sudah semakin sulit dan langka diperoleh. Pelabuhan Panjang tetap bertahan, menjadi saksi bisu perkembangan Kotabaru sebagai ibukota Kabupaten.

    Tempat sandar kapal-kapal kecil yang menghubungkan kawasan "sungaian", istilah untuk menyebut wilayah Kabupaten Kotabaru yang berada di daratan Pulau Kalimantan seperti Kelumpang dan Pamukan. Juga menjadi tempat sandar bagi speedboat, serta kapal-kapal cukup besar yang mengangkut kebutuhan pokok dari Pulau Jawa dan sebaliknya. 

    Pelabuhan Panjang bisa dikatakan sebagai ikon diantara sekian lainnya yang masih bertahan entah sampai kapan, karena alam terus menggerogoti dan kondisinya mulai dan terus lapuk termakan usia dan tergerus jaman. ©Jurnalisia™
    👀 8497

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...