Interaktif | Kalsel Viral, "Tambuk-nya" Para Pemakan Kecubung - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 13 Juli 2024

    Interaktif | Kalsel Viral, "Tambuk-nya" Para Pemakan Kecubung

    Interaktif,
    Bukan prestasi yang membanggakan yang membuat Kalsel menjadi viral di media baik media arus utama (mainstream) maupun media sosial, tapi hal yang sungguh memalukan dan memuakkan; mabuk kecubung.

    Dikutip dari berbagai sumber puluhan warga di Banjarmasin Kalsel dinyatakan mabuk kecubung, setidaknya yang diketahui ada 44 orang dan diantaranya 2 meninggal dunia setelah mendapat perawatan di RSJ Sambang Lihum.

    Apa itu kecubung ?
    Kecubung merupakan tanaman perdu yang biasanya tumbuh di daerah tanah yang berpasir. Buah tanaman ini berbentuk bulat dengan duri-duri di permukaan kulit luarnya; mirip dengan potongan ranjau laut dalam bentuk sangat mini. Bunga tanaman kecubung berwarna putih bercampur ungu dengan bentuknya seperti teropmpet.

    Buah Kecubung ini sangat tidak asing di wilayah Propinsi Kalsel. Di kawasan Tanah Bumbu diketahui terdapat di wilayah Kecamatan Kusan Hilir di beberapa desa yang berlokasi tak jauh dari tepi pantai.

    Dari dulu buah Kecubung ini sudah diketahui warga di Kalsel; berbahaya bila dimakan, sehingga ada yang menyebutnya sebagai Terong Hantu atau Terong Setan, karena efek bagi yang memakannya adalah bisa bertingkah seperti orang gila.

    Berita yang membuat viral Kalsel khususnya Banjarmasin ini mendapat tanggapan warganet dari seluruh Indonesia, banyak yang heran.

    Nah, bagi yang ingin coba-coba merasakan efek usai makan buah Kecubung, terutama yang tinggal di Kalsel, kalian bisa mencarinya di semak-semak terutama di kawasan dekat pantai. 

    Bukan salah Kecubung, tapi yang memakannya yang "tambuk". ©Jurnalisia™
    👀 5733

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...