Interaktif | Apa Perlunya Menyembah Tuhan ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 31 Juli 2024

    Interaktif | Apa Perlunya Menyembah Tuhan ?

    Interaktif,
    Para pemeluk agama tertentu menganggap Tuhan itu Maha Kuasa, sehingga kalaupun tak ada seorang manusia yang menyembah Tuhan; maka tak akan berkurang sedikitpun Kemahakuasaan Tuhan.

    Tulisan ini mengajak kita untuk berpikir keluar dari konteks agama apapun yang memiliki doktrin dan dogma masing-masing. Bagi Anda yang belum atau sama sekali tak terbiasa berpikir secara ilmiah dengan mengandalkan logika, kami sarankan untuk tidak membaca tulisan ini sampai habis.

    Terkait Kemahakuasaan Tuhan, muncul pertanyaan menggelitik; kenapa dan apa perlunya kita menyembah Tuhan ? Bukankah disembah atau tak disembah pun Tuhan tetap diakui keberadaannya oleh sebagian besar manusia, dan Tuhan tetap saja dianggap Maha Kuasa (?)

    Mereka yang tak menyembah Tuhan bukan berarti mereka tak memerlukan Tuhan, tapi mereka hanya tak ingin diatur oleh ritual-ritual yang dibuat oleh agama; yang tak jarang bertentangan dengan logika ilmiah. 

    Seseorang untuk melaksanakan perbuatan baik; tak harus beragama dan menyembah Tuhan, namun dapat mengatasnamakan Tuhan atas perbuatan baik yang ia lakukan. Perbuatan baik terhadap apa dan siapa saja; mungkin saja lebih berkenan bagi Tuhan daripada melaksanakan ritual-ritual penyembahan namun tetap saja terkurung dalam kehidupan yang asosial; tak peduli sekitar, tak punya empati dan simpati terhadap apa dan siapa, menganggap diri sudah baik dan menganggap orang lain belum dan tidak baik, dan sebagainya.

    Tuhan selain Maha Kuasa juga adalah Maha Baik, Pengasih, Penyayang, serta berbagai atribut 'Maha" yang dilekatkan kepadaNya, maka tentu Tuhan akan bersikap baik kepada siapapun meski tak menyembahNya sekalipun.

    Soal klaim para penyembah Tuhan yang sinis terhadap mereka yang tak menyembah Tuhan, atau menuding sebagai kafir; ini persoalan pribadi yang bukan jadi tanggungjawab kolektif dan komunal. Mereka yang menyembah Tuhan pun belum tentu tahu pasti apakah dengan menyembah Tuhan mereka dianggap baik, mereka hanya saja berkeyakinan dengan menyembah Tuhan maka akan diselamatkan Tuhan di kehidupan selanjutnya.

    Nah, silakan berpikir bebas, keluar dari zona doktrin dan dogma agama, siapa tahu Anda mendapat pencerahan secara ilmiah sesuai logika berpikir yang diterima akal. ©Jurnalisia™
    👀 5917
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...