Bahasa l Ayo Belajar Basa Banjar (29), Motor Itu Mobil Bukan Sepeda Motor - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 04 Juli 2024

    Bahasa l Ayo Belajar Basa Banjar (29), Motor Itu Mobil Bukan Sepeda Motor

    Assalamu alaikum warahmatullah wa barakatuh.
    Para pembaca dimana pun berada di seluruh Indonesia, di mancanegara khususnya di Kalimantan terutama Kalsel.

    Kali ini kita akan membahas pengertian kata "motor" dalam Basa Banjar.

    Dalam Basa Banjar sejak dulu beberapa dekade ke belakang, orang-orang dari Suku Banjar menyebut kata "motor" untuk mengidentifikasi kendaraan yang disebut "mobil" dalam Bahasa Indonesia.

    Sedangkan untuk menyebut kendaraan roda dua bermesin adalah "sepeda motor" atau "sampida mutur", ada juga orang-orang dari Suku banjar yang menyebut sepeda motor itu dengan sebutan "kendaraan".

    Jika mundur ke era tahun 1960-an dan 1970-an, maka sebutan untuk kendaraan roda dua berpenggerak mesin itu adalah "honda", karena pada era-era itu kebanyakan merek sepeda motor adalah Honda, sehingga ada pertanyaan; "Honda ikam mereknya apa ?" yang maksudnya; sepeda motor kamu mereknya apa.

    Seiring dengan semakin mudahnya transportasi dari wilayah Kalsel dimana sebagian besar Suku Banjar berada; keluar daerah terutama ke Pulau Jawa, sehingga banyak dari orang Suku Banjar yang ikut-ikutan menyebut mobil untuk kendaraan roda 4 atau lebih, dan motor untuk kendaraan roda dua.

    Meski demikian tak sedikit orang dari Suku Banjar terutama di kawasan Banua Anam yang masih menyebut mobil itu adalah motor terutama para orangtua. 

    Nah, itulah pengertian kata "motor" dalam Basa Banjar. Kami berharap ini berguna bagi yang tertarik mempelajari Basa Banjar. ©Jurnalisia™
    👀 3543

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...