Tanah Bumbu Daftarkan Varietas Buah Binjai ke Kementan RI - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 24 Juni 2024

    Tanah Bumbu Daftarkan Varietas Buah Binjai ke Kementan RI

    Tanah Bumbu,
    Buah ini bernama Latin Mangifera Caesia. Ada yang menggolongkan ke dalam jenis Mangga meski berbeda dari buah Mangga kebanyakan. Tumbuh tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Semenanjung Malaya, namun sebagian pakar tumbuhan meyakini Kalimantan lah sebagai asal usul buah Binjai ini yang dijadikan nama kota di Sumatera Utara yakni Kota Binjai.

    Di Kalimantan buah Binjai ini sangat dikenal luas terutama di Kalsel khususnya di Tanah Bumbu. Di sejumlah daerah di Kalsel buah Binjai ini rasanya masam, namun berbeda di Tanah Bumbu; buah Binjai rasanya manis. Diketahui buhan Binjai di Tanah Bumbu banyak tumbuh di kawasan Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah, sehingga dapat sebutan baru sebagai Binjai Kusan Manis.

    Pemkab Tanah Bumbu menganggap Binjai Kusan Manis ini sebagai varietas lokal Tanah Bumbu. Untuk itu belum lama ini Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mendaftarkannya ke Menterian Pertanian (Kementan) RI, dan telah mendapatkan Tanda Daftar Varietas.

    Mungkin baru Tanah Bumbu yang mendaftarkan buah Binjai ini, padahal buah Binjai yang serupa; atau yang berasa manis ini juga terdapat di wilayah Kabupaten Kotabaru khususnya di daratan Pulau Laut seperti di Desa Salino, Sungai Pasir, Berangas dan lainnya. ©Jurnalisia™
    👀 4878

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...