Suku Banjar, Suku Terbesar di Kalimantan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 27 Juni 2024

    Suku Banjar, Suku Terbesar di Kalimantan

    courtesy : rebanas.com
    Nasional,
    Jika menyebut nama Kalimantan asumsi dan pikiran banyak orang dipastikan tertuju kepada Suku Dayak sebagai suku yang mendiami Pulau Kalimantan (Borneo). Namun faktanya terdapat suku lainnya yang jumlahnya justru lebih besar daripada Suku Dayak.

    Adalah Suku Banjar, suku yang dianggap memiliki kedekatan dengan Suku Dayak serta dianggap sebagai suku asimilasi antara sejumlah Sub Suku Dayak dengan sejumlah suku dari luar Kalimantan terutama Suku Melayu dan Suku Jawa.

    Institute of Southeast Asian Studies dalam rilisnya sesuai data BPS tahun 2010 memasukkan dan menempatkan Suku Banjar dalam daftar suku bangsa terbesar di Indonesia di peringkat ke 9 di bawah Suku Bugis dan di atas Suku Bali. Sementara Suku Dayak sendiri berada di peringkat ke 12 di bawah Suku Aceh.

    Keberadaan Suku Banjar pun tak cuma berada di Pulau Kalimantan terutama mayoritas di wilayah Propinsi Kalsel tapi juga tersebar di sejumlah daerah di luar Pulau Kalimantan; di Sumatera terutama di Tembilahan Riau dan Kuala Tungkal Jambi, di Pulau Jawa bahkan ke Semenanjung Malaysia.

    Sejumlah tokoh dari Suku Banjar yang menjadi bahan sejarah antara lain; Pangeran Antasari, Pangeran Hidayatullah, Pangeran Samudera (Sultan Surianyah), Demang Leman, Pangeran Muhammad Noor; Gubernur Kalimantan Pertama dan Menteri PU di era Soekarno, dan sejumlah tokoh lainnya. ©Jurnalisia™
    👀 2931

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...