Singapura, Negara Kecil Yang Punya Kilang Minyak Terbesar ke 6 di Dunia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 18 Juni 2024

    Singapura, Negara Kecil Yang Punya Kilang Minyak Terbesar ke 6 di Dunia

    Internasional,
    Negara kecil tanpa Sumbar Daya Alam (SDA) namun lebih maju daripada negara-negara tetangganya yang luas dengan SDA yang melimpah terutama Indonesia. Itulah Negara Singapura yang merdeka pada tahun 1965.

    Singapura tak memiliki kandungan minyak di dalam buminya, tapi Singapura memiliki Kilang Minyak Nomor 6 terbesar di dunia, yakni Kilang Minyak Exxon Mobil yang berlokasi di Jurong dengan kapasitas produksi 605 ribu barel per hari. Bandingkan dengan Kilang Minyak terbesar di Indonesia yakni Balikpapan yang prodduksinya 260 ribu barel per hari.

    Mungkin banyak orang mengira kilang minyak terbesar di dunia berada di negara-negara Arab yang kaya minyak di dalam perut buminya, ternyata salah.

    Kilang Minyak terbesar di dunia berada di India yakni Kilang Minyak Jamnagar yang terletak di Gujarat India, kapasitas produksi adalah 1,24 juta barel per hari. Selanjutnya Kilang Minyak Paraguana dengan kapasitas produksi 971 ribu barel per hari yang terletak di Negara Venezuela.

    Korea Selatan memiliki 3 kilang minyak yang termasuk terbesar di dunia yakni SK Energy Ulsan berada di posisi ke 3 dengan kapasitas produksi 850 ribu barel per hari, di posisi ke 4 Kilang Minyak GS-Caltex Yeosu berkapasitas 730 ribu barel per hari, dan S Oil Ulsan berkapsitas 669 ribu barel per hari.

    Selanjutnya Kilang Minyak Baytown yang berada di Texas Amerika Serikat berkapasitas 572 ribu barel per hari berada di posisi ke 7 setelah Exxon Mobil Singapura. Kilang Minyak Ras Tanura di Abqaiq Arab Saudi dengan kapasitas produksi 550 ribu barel per hari.

    Ada pula Kilang Minyak milik Amerika Serikat yakni Baton Rouge yang terletak di Lousiana dengan kapasitas produksinya 503 ribu barel per hari. ©Jurnalisia™
    👀 9071

     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...