Pemkab Kotabaru Sosialisasi TPTGR Bersama Perwakilan BPK RI Kalsel - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 06 Juni 2024

    Pemkab Kotabaru Sosialisasi TPTGR Bersama Perwakilan BPK RI Kalsel

    Kotabaru, 
    Kantor Inspektorat Kabupaten Kotabaru melaksanakan Sosialisasi Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) serta Percepatan Penyelesaian Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2024, dilaksanakan di satu hotel di Kotabaru dari tanggal 5 hingga 6 Juni 2024.

    TPTGR yaitu suatu proses tuntutan ganti rugi bagi Bendahara atau Pengurus Barang dan PNS serta pihak lain yang merugikan keuangan dan barang milik Pemerintah Daerah. 

    Sosialisasi dibuka oleh Sekdakab Kotabaru, Drs. Said Akhmad, MM dan menghadirkan Narasumber Kepala BPK RI Perwakilan Propinsi Kalsel, Rahmadi berserta Tim tindaklanjut pemeriksaan BPK tahun 2024.

    Sekdakab dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    Satu diantara indikator dari keberhasilan Pemerintahan adalah ditindaklanjutinya hasil pengawasan secara tepat, cepat dan Valid sesuai rekomendasi pemeriksaan dan regulasi batas waktu penyelesaian tindaklanjut hasil pengawasan.

    Sekdakab menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya serius Pemkab Kotabaru untuk meningkatkan pembinaan kepada seluruh Perangkat Daerah serta untuk meningkatkan persentase penyelesaian rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI; yang mana saat ini masih banyak yang belum tuntas ditindaklanjuti oleh SKPD

    Sekdakab juga berpesan kepada Kepala SKPD di lingkup Pemkab Kotabaru yang berhadir agar bisa meningkatkan perbaikan tatakelola keuangan dengan lebih baik lagi dengan menindaklanjuti temuan dan rekomendasi yang bersifat administrasi ataupun keuangan melalui tindaklanjut temuan hasil pemeriksaan BPK RI yang dilakukan Inspektur Kabupaten Kotabaru.

    Ia berharap kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi terciptanya tatakelola Pemerintahan yang baik, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah pada Pemkab Kotabaru.

    Sosialisasi dihadiri Asisten I, II dan III Pemkab Kotabaru, para Pimpinan SKPD berserta Staf dan Camat. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto
    👀 7841

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...