Indomaret dan Alfamart Urutan 4 dan 5 Toko Retail Terbanyak di Dunia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 20 Juni 2024

    Indomaret dan Alfamart Urutan 4 dan 5 Toko Retail Terbanyak di Dunia

    Internasional,
    Selain sering berbelanja di kios milik tetangga, tentu tak jarang pula berbelanja ke minimarket bahkan supermarket (departement store) sekali waktu.

    Kalau berbelanja di kios tetangga di kampung biasanya kita dilayani oleh pemilik maupun penjaga kios, tinggal sebut apa yang mau dibeli, lalu bayar. Berbeda kalau berbelanja di minimarket ataupun departement store, kita melayani diri kita sendiri; memilih dan mengambil serta membawa sendiri barang yang akan kita beli ke meja kasir; inilah yang disebut dengan istilah swalayan.

    Di minimarket maupun departement store tak berguna istilah "Pembeli adalah Raja", karena kita tak dilayani. Meski demikian orang-orang di kota baik kota kecil apalagi kota besar; kebanyakan berbelanja ke toko swalayan dengan berbagai dalih dan alasan.

    Toko swalayan ini disebut juga toko retail, keberadaanya berjaringan, tersebar dimana-mana tak sebatas di wilayah atau negara tertentu bahkan mendunia.

    Menurut sumber National Retail Federation atau Federasi Retail Nasional di Indonesia terdapat toko retail yang jumlah tokonya 10 besar terbanyak di dunia yakni Indomaret sebanyak 21.828 toko dan Alfamart sebanyak 21.251 toko.

    Pemilik toko retail terbanyak di dunia ditempati oleh 7-Eleven (Seven Eleven) yang berasal dari Jepang dengan jumlah toko 40.454. Tempat ke 2 dan ke 3 pun juga dimiliki perusahaan dari Jepang yakni FamilyMart dengan jumlah toko 24.251 dan LAWSON sebanyak 21.902 toko.

    Di urutan ke 6 di bawah Alfamart adalah CPall dari Thailand dengan jumlah toko sebanyak 16.042, kemudian AS Watson dari Hongkong; jumlah toko 16.014, selanjutnya SCHWARZ dari Jerman dengan jumlah toko sebanyak 14.112 toko.

    Di Indonesia tentu sudan banyak yang kenal Carrefour, toko retail ini berasal dari Prancis dengan jumlah toko sebanyak 14.014, dan di urutan ke 10 adalah Couche-Tard dari Kanada dengan jumlah toko sebanyak 13.505. ©Jurnalisia™
    👀 7103

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...