Dirjen Pothan Kemhan Sosialisasi UU Nomor 23/2019 di Kodim Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 21 Mei 2024

    Dirjen Pothan Kemhan Sosialisasi UU Nomor 23/2019 di Kodim Tanah Bumbu

    Tanah Bumbu,
    Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Inf Boni Berdian, SE menerima kunjungan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Piek Budyakto, SH, MH.

    Mayjen TNI Piek Budyakto menyebut kegiatannya di Tanah Bumbu untuk melaksanakan sosialisasi Undang Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

    "Baru saja kita melaksanakan sosialisasi kegiatan untuk persiapan pelaksanaan aplikasi dari UU No 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan PSDN untuk Pertahanan Negara," kata Mayjen TNI Piek Budyakto, Selasa (21/05/24).

    Ditambahkannya Dirjen Pothan Menhan akan melaksanakan PSDN di wilayah Kodam VI/Mulawarman khususnya di wilayah Kalsel, serta akan membentuk komponen cadangan (Komcad) pertahanan Negara.

    "Ini sudah dalam tahap sosialisasi, selanjutnya akan dilakukan pembukaan pendaftaran rekrutmen dan seleksi Komcad Pertahanan Negara," katanya.

    Pangdam VI/Mulawarman, Mayjend TNI Tri Budi Utomo yang diwakili Dandim 1022/Tanah Bumbu, mengucapkan apresiasi kepada para peserta yang hadir pada Sosialisasi Pertahanan Negara.

    "Kami ucapkan selamat datang kepada Tim dari Sosialiasi Ditjen Pothan Kemhan dan seluruh peserta sosialisasi pembentukan komponen cadangan," kata Pangdam. 

    Ia pun menyebut Komponen Cadangan dituntut dengan tujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI sebagai komponen utama dalam upaya penyelenggaraan pertahanan Negara. Selain itu juga untuk menjaga dan melindungi kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan seluruh Bangsa dari segala ancaman yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan Presiden RI.

    Komcad terdiri dari SDM yang telah disiapkan untuk dikerahkan memobilisasi dan memperbesar kekuatan utama TNI.

    "Komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana Nasional," kata Pangdam pula.

    Ditambahkan Pangdam, bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap telah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan Negara yang bersifat sukarela. Ia juga mengatakan bakal membuka rekrutmen Komcad di wilayah Kodam VI/Mulawarman sebanyak 1.000 orang dan akan dilaksanakan pendaftarannya di Rindam VI/Mulawarman.

    "Rekrutmen ini terbuka, boleh saja mendaftar asalkan memenuhi syarat, rencana pembentukan Komcad 1.000 orang yang akan dibagi 2 Gelombang, pendaftaran dilakukan di Rindam VI/Mulawarman Banjarmasin," tutup Pangdam.

    Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Satpol PP dan Damkar, Kadisdik Kabupaten Tanah Bumbu, perwakilan sejumlah perusahaan, dan Ketua Kwartir Pramuka Cabang Kabupaten Tanah Bumbu. ©Jurnalisia™
    👀 4450

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...