Tanah Bumbu Miliki Desa Perikanan Cerdas - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 20 September 2023

    Tanah Bumbu Miliki Desa Perikanan Cerdas

    Tanah Bumbu,
    Tanah Bumbu terpilih menjadi satu diantara daerah pengembangan Smart Fishery Village (SFV) atau Desa Perikanan Cerdas, yakni di Kampung Patin Desa Sungai Dua (Cekdam) Kecamatan Simpang Empat.

    Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Yulian Herawati, Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Tanah Bumbu yang turut mendampingi Bupati Tanah Bumbu, dr. H.M Zairullah Azhar pada penandatanganan kerjasama di bidang peningkatan sektor perikanan antara Pemkab Tanah Bumbu dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Surabaya, belum lama ini.

    Kerjasama tersebut merupakan satu upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan melalui konsep pembangunan desa perikanan berbasis penerapan teknologi komunikasi dan manajemen tepat guna berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

    SFV juga merupakan model pengembangan desa perikanan pintar secara terintegrasi dengan berkolaborasi bersama banyak pihak terkait yaitu pemerintah pusat dan daerah, akademisi, industri, serta masyarakat, dan menjadi tempat peningkatan kapasitas SDM melalui media pendidikan, pelatihan, penyuluhan, dan inkubasi bisnis secara terpadu dan terintegrasi.

    Harapannya akan terbentuk desa-desa perikanan unggulan yang produktif, mampu menerapkan teknologi informasi, mandiri dan memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan. ©Jurnalisia™ 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...