Pembangunan Puskesmas Terdahulu Gagal, Pemkab Malaka Diminta Bangun Ulang - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 13 Agustus 2023

    Pembangunan Puskesmas Terdahulu Gagal, Pemkab Malaka Diminta Bangun Ulang



    Malaka NTT,
    Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malaka, Hendri Melki Simu meminta Pemkab Malaka segera membangun gedung prototipe untuk Puskesmas Weliman, menggantikan gedung yang diduga gagal pembangunannya, yang kasusnya sedang ditangani aparat penegak hukum (APH).

    Menurut Hendri Simu, yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar ini, permintaan tersebut telah disampaikan ke Pemkab dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa waktu lalu.

    Ia berpendapat, masyarakat Weliman membutuhkan gedung tersebut, sehingga Pemkab harus berpikir untuk membangun gedung tersebut.

    Hendri menjelaskan, informasi yang diperoleh dari Pemkab, kontraktor yang mengerjakan gedung yang gagal bangun sejak 2019 telah diputuskan kontraknya alias PHK. Dan anggaran yang ada, sebesar Rp 4 milyar baru dicairkan 20 persen, yakni Rp 800 juta.

    "Maka, sebenarnya kita tidak perlu lagi menunggu proses hukum oleh APH, karena kita tidak tahu kapan proses hukum tersebut akan berakhir. Jangankan itu, perkembangan proses hukumnya saja kita tidak tahu sampai dimana. Maka kita minta supaya pemerintah segera rencanakan untuk bangun baru," jelasnya.

    Apalagi menurut penjelasan pemerintah, sisa anggaran sebesar Rp 3 milyar lebih belum terpakai dan masih ada pada kas daerah.

    "Jadi tinggal tambah Rp 800 juta kita sudah bisa bangun baru. Sehingga masyarakat Weliman sudah bisa menikmati gedung itu tanpa harus menunggu proses hukum kasus gagal bangun sebelumnya," pungkasnya.

    Terkait lokasi, kata Hendri, bisa dibangun di lokasi Puskesmas sekarang atau di tempat lain. “Yang penting masyarakat Weliman bisa nikmati pembangunan itu,” tandasnya.

    Permintaan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malaka ini disambut baik Pemerintah. Sekdakab Malaka, Ferdinand Un Muti mengatakan, pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan terkait pembangunan ulang gedung prototipe Puskesmas Weliman.

    "Terkait hal dimaksud, pemerintah akan segera berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan untuk bisa dilakukan pembangunan Puskesmas Weliman di lokasi lain pada wilayah Kecamatan Weliman," jelas Sekdakab Malaka. Jurnalisia

    Penulis : AYM

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...