Inilah Bahasa Kuno Yang Masih Bertahan Hingga Kini - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 01 Juli 2023

    Inilah Bahasa Kuno Yang Masih Bertahan Hingga Kini


    Internasional,
    Bahasa merupakan wahana yang sangat penting dalam pergaulan dan sosialisasi antar manusia dari berbagai suku bangsa dan ras sejak jaman dulu kala hingga sekarang. Tak diketahui secara pasti berapa jumlah bahasa yang dipakai manusia di dunia saat ini, namun terdapat 50 bahasa yang paling banyak digunakan atau penuturnya yang menurut wikipedia; bahasa paling banyak penutur aslinya adalah Bahasa Mandarin dengan jumlah penutur sebanyak 900 juta lebih atau sekitar 11 persen dari populasi penduduk dunia.

    Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional berada di urutan ke 3 penuturnya yakni sebanyak 370 juta lebih atau sekitar 3,9 persen dari populasi dunia, sedangkan di urutan ke bahasa paling banyak penuturnya adalah Bahasa Spanyol; sekitar 480 juta atau 4,9 persen.

    Selain bahasa-bahasa tersebut di atas yang hingga kini banyak penuturnya, terdapat bahasa tergolong kuno yang juga masih terdapat penuturnya hingga kini meskipun tidak seberapa banyak lagi bahkan penuturnya sudah termasuk langka. Bahasa apa saja ? Simak tulisan ini sampai habis.
    1. Bahasa Latin, merupakan bahasa turunan dari Bahasa Proto Indo Eropa Purba, bahasa ini pernah dituturkan di wilayah Kekaisaran Romawi.
    2. Bahasa Armenia, Bahasa Indo Eropa yang digunakan di sekitar Pegunungan Kaukasus terutama oleh Bangsa dan Negara Armenia, banyak dipengaruhi Bahasa Turki dan Bahasa Persia.
    3. Bahasa Korea, penuturnya di Korea Selatan dan Korea Utara serta di sejumlah negara.
    4. Bahasa Aramaik, termasuk rumpun Bahasa Afroasiatik atau Bahasa Semit yang digunakan di kawasan Timur Tengah.
    5. Bahasa China, rumpun Bahasa Sino Tibet, Bahasa yang paling banyak penuturnya di dunia saat ini.
    6. Bahasa Greek (Yunani), Bahasa Indo Eropa, penuturnya selain di Yunani, juga di sebagian Siprus, Albania Bagian Selatan, di pesisir Laut Hitam, Anatolia, dan semenanjung Italia Bagian Selatan.
    7. Bahasa Ibrani, rumpun Bahasa Afroasiatik yang termasuk Bahasa Semit, dituturkan selain di Israel, juga di Amerika Serikat dan Palestina.
    8. Bahasa Mesir, termasuk Bahasa Afro Asia yang erat kaitannya dengan Bahasa Berber, Bahasa Semit, dan Bahasa Beja (Badawi). Bahasa Mesir ini bertahan hingga abad ke 5 M dalam bentuk Bahasa Demotik (Naskah) hingga abad ke 17 M dalam bentuk Bahasa Koptik. Bahasa ini sudah tak dituturkan secara lisan tapi sebagai bahasa liturgi Agama Kristen Koptik Mesir.
    9. Bahasa Sanskerta, merupakan cabang dari Bahasa Indo Arya dari rumpun Bahasa Indo Eropa. Bahasa ini sekarang lebih banyak digunakan untuk bahasa tulisan (naskah).
    10. Bahasa Tamil, rumpun Bahasa Dravida, dituturkan di Srilanka, sejumlah negara di Malaysia, Singapura, Myanmar, Indonesia (Sumatera Utara), Afrika Selatan, Fiji dan Mauritius.
    Nah, itulah pembahasan masalah bahasa baik yang banyak penggunanya maupun bahasa yang masih bertahan hingga kini. Sampai jumpa kapan-kapan. Jurnalisia

    Sumber : Potential Knowledge, Wikipedia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...