Chukudu, Kendaraan Unik Penduduk Kongo Tanpa Bahan Bakar - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 18 Juli 2023

    Chukudu, Kendaraan Unik Penduduk Kongo Tanpa Bahan Bakar

    Internasional,
    Meski kita di Indonesia belum tergolong kaya, tapi kita harus lebih bersykur dibanding sejumlah negara yang rakyatnya masih banyak miskin, misalkan saja rakyat di Negara Demkoratik Kongo yang terletak di Benua Afrika.

    Penduduk miskin apalagi yang ngakunya miskin di Indonesia; setidaknya masih dapat membeli kendaraan bermotor (sepeda motor) dengan cara mengangsur (kredit) yang uang mukanya bahkan terdapat yang cuma ratusan ribu rupiah. 

    Bandingkan dengan penduduk miskin di Negara Kongo, yang menggunakan kendaraan hasil kreativitas karena kemiskinan mereka yakni yang mereka sebut; Chukudu.

    Apa itu Chukudu ?

    Yang pasti bukan buah Mengkudu. Chukudu ini merupakan kendaraan sejenis sepeda tanpa pedal yang bahan bakunya adalah kayu. Memiliki 2 roda yang terbuat dari kayu pula yang dibalut karet. Cara mengendarainya adalah; pengendara naik di atas Chukudu yang tak punya sadel ini, memegang stang, lalu mendorongnya dengan sebelah kaki.

    Chukudu ini digunakan penduduk Kongo sebagai alat transportasi untuk mengangkut orang maupun barang, dibuat berbagai ukuran tergantung keperluannya.

    Negara Demokratik Kongo termasuk negara termiskin di Benua Afrika, dimana 3 dari 4 orang di negara ini mendapat gaji di bawah USD 1,90 per harinya, atau setara sekitar Rp 28 ribu (kurs Rp 14.990). Chukudu ini mulai muncul sekitar tahun 1970-an yang eksis hingga kini terutama di wilayah perdesaan, dihargai antara USD 50 hingga USD 100 per unitnya. ©Jurnalisia™

    Sumber : kabarpedia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...