Magic From The Sea; Selamatan Leut Suku Bajau Sammah di Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 03 Juni 2023

    Magic From The Sea; Selamatan Leut Suku Bajau Sammah di Kotabaru

    Kotabaru, 
    Pemdes Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru mengadakan Wisata Budaya Bahari eksotika Suku Bajau Sammah bertajuk "Magic from the Sea", Selamatan Leut Bajau Sammah, bertempat di obyek wisata Rampa Berkah Desa Rampa, Sabtu (03/06/23).

    Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Budaya Saijaan tahun 2023 yang berkerjasama dengan Dinas Parpora, Pemerintah Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pemdes Rampa.

    "Magic from the Sea" terilhami dari satu keahlian Sang Sandro (Dukun, Red); yang bisa merubah air laut yang asin menjadi tawar dengan hanya menancapkan ancak, semacam tongkat adat di laut dan diperebutkan karena dipercaya airnya sebagai penawar sejumlah penyakit dan dapat membuat awet muda.

    Kabid Pertunjukkan Event Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Parpora Kabupaten Kotabaru, Rudi Nugraha, S.Sos, M.AP mengatakan, pihaknya mengangkat budaya Suku Bajau Sammah karena keunikannya, upacara adatnya, ada keseniannya dan juga kearifan lokal yang unik diangkat ke tingkat Nasional dan ini mendapatkan apresiasi dari Kemenparekraf RI yang Perwakilannya turut berhadir menyaksikan berbagai event Festival Budaya Saijaan (FBS).

    Rudi Nugraha berharap kepada warga Desa Rampa terutama generasi mudanya untuk bisa menghargai dan melestarikan warisan kebudayaan dari orangtuanya; jangan sampai hilang ditelan jaman.

    Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Camat Pulau Laut Utara, Kabid Even Pariwisata, Perwakilan Kemenparekraf RI, Kades Rampa, Perwakilan Polres, Kodim 1004, serta Lanal Kotabaru. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...