Bahasa l Ayo Belajar Basa Banjar (6), Keterangan Waktu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 03 Juni 2023

    Bahasa l Ayo Belajar Basa Banjar (6), Keterangan Waktu


    Pada kesempatan kali ini saya mengulas tentang keterangan waktu yang mengikuti kalimat aktif dalam tata bahasa Banjar, sehingga kita dapat mengetahui kapan satu ungkapan maupun pernyataan itu dilaksanakan.

    Bagaimana cara menambahkan kalimat yang menyatakan waktu pada satu kalimat dalam Bahasa Banjar ? Baca terus sampai tulisan ini selesai.

    Keterangan waktu dalam berbagai bahasa di dunia biasanya mengacu kepada kondisi antara lain; waktu sekarang, saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang. 

    Inilah keterangan waktu dalam Bahasa Banjar.

    Waktu sekarang; Wayah ini (Kuala), Wayah Naya (Pahuluan).

    Waktu lampau, sudah terlaksana; hanyar am tadi, hanyar am imbah, tadi pang, baisukan tadi, siang tadi, kamarian tadi, kamarian samalam, samalam, malam tadi, malam dahulunya, siang dahulunya, hari dahulunya, ahad/minggu dahulu(nya), ahad/minggu samalam, minggu tadi, bulan tadi, bulan dahulunya, tahun tadi, tahun dahulunya, lawas sudah, bahari, bahari kala, intinya memuat kata; tadi dan dahulu(nya).

    Waktu akan datang; kaina, satumat lagi, baisukan kaina, kamarian kaina, malam kaina, isuk, imbah/limbah isuk, hari ahad/minggu (semua nama hari) kaina atau dudi, bulan kaina, bulan dudi, tahun kaina, tahun dudi.

    Contoh;

    -Kalimat Positif (waktu sekarang); Dialek Pahuluan, "Udin rahatan makan nasi kuning wayah naya." (Udin sedang makan nasi kuning saat ini).
    -Kalimat Positif (waktu sekarang); Dialek Kuala, "H. Idur jadi Pambakal di kampung wayah ini." (H. Idur jadi Kepala Desa di kampungnya saat ini).

    -Kalimat Positif (waktu lampau); Dialek Pahuluan, "Munah hanyar am tadi mudik ka kampung." (Munah baru saja tadi pulang ke kampung.
    -Kalimat Positif; Dialek Kuala, "Acil Bayah tu minggu dahulunya datang matan Banjarmasin." (Bi Bayah minggu lalu datang dari Banjarmasin).

    -Kalimat Positif (waktu akan datang); Dialek Pahuluan, "Limbah isuk tutuha'annya nintu cagaran mudik ka pahuluan." (Lusa orantua itu bakalan pulang ke pelosok).
    -Kalimat Positif (waktu akan datang); Dialek Kuala, "Sadang haja si Galuh itu tahun dudi dilaki akan." (Sudah waktunya si Galuh tahun depan dikawinkan).

    Nah, contoh di atas sengaja saya bikin dalam 2 Dialek yang sering digunakan oleh penutur Bahasa Banjar. Silakan mau bertutur dalam Dialek yang mana, hanya saja antara ke 2 Dialek tersebut terdapat tak sedikit perbedaan baik kata maupun istilah. Sekian dulu, kita jumpa di pelajaran berikutnya. ©Jurnalisia™


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...