Muhammadiyah Semakin Mendunia, Beli Gereja di Spanyol Untuk Mesjid - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 06 Mei 2023

    Muhammadiyah Semakin Mendunia, Beli Gereja di Spanyol Untuk Mesjid

    Internasional,
    Organisasi Persyarikatan Muhammadiyah semakin mendunia.

    Ormas Islam di Indonesia yang didirikan pada 1912 oleh KH Achmad Dahlan ini semakin melebarkan sayapnya tidak saja di Indonesia tapi juga ke mancanegara, bahkan disebut-sebut sebagai Organisasi Islam paling sukses di dunia.

    Dikutip dari sejumlah media, beberapa waktu lalu Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur telah resmi membeli 1 gereja yang sudah tak ada jemaatnya di kawasan Alcala di ibukota Spanyol, Madrid.

    Gereja tersebut diketahui sebelumnya merupakan mesjid milik umat Islam di masa kejayaan pemerintahan kekhalifahan Bani Umayyah II atau Bani Ahmar di Andalusia Spanyol.

    Keruntuhan Bani Umayyah II di masa pemerintahan Sultan Muhammad XII atau Boabdil karena dikalahkan oleh pasukan gabungan Raja Ferdinand dari Aragon dan Ratu Isabella I dari Castilia pada tahun 1492. 

    Setelah keruntuhan Bani Umayyah II di Spanyol, dilakukan pengusiran besar-besaran terhadap umat Islam, ada pula yang diberikan pilihan untuk memeluk Katholik ataupun dipaksa. Tempat-tempat ibadah umat Islam pun tak luput dari perlakuan penguasa Katholik; dijadikan gereja. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...