Kreativitas Warga Selat Hilir Kapuas; Seni Bikin Mandau dan Kecapi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 18 Mei 2023

    Kreativitas Warga Selat Hilir Kapuas; Seni Bikin Mandau dan Kecapi

    Kuala Kapuas,
    Lurah Selat Hilir Kecamatan Selat, Julian Daniel Toepak tak menyangka kalau di lingkungannya terdapat sejumlah Seniman yang cukup kreatif terutama yang membuat karya seni etnik Dayak, yang melestarikan tradisi dan budaya.

    Hal itu diketahuinya saat melakukan pemantauan ke tiap sudut lingkungan dan kampung yang berada di wilayah Kelurahan khususnya ke lingkungan RT 04 yang dipimpin Ketua RT bernama Hayes.

    "Saya tidak menduga sama sekali disini anak muda di RT 4A ini banyak seniman dan punya nilai sosial tinggi untuk Suku Dayak terutama etniknya yang terlihat dari hasil karya mereka," ungkap Daniel, setelah melihat hasil karya Mandau (senjata khas Dayak, Red) dan Kecapi (jenis alat musik).

    Hayes, selaku Ketua RT 4A yang juga merupakan seorang Kepala Bagian Pemerintahan di Kabupaten Pulang Pisau; berharap perhatian dan dukungan dari berbagai pihak untuk pengembangan karya seni tersebut.

    "Kami di Pos Kamling yang seolah-olah menjadi galeri etnik Dayak ini berharap dukungan dari siapapun untuk kemajuan terutama untuk kerajinan etnik Suku Dayak yang perlu kita lestarikan dan bernilai seni cukup tinggi sesuai aturan adat," kata Hayes saat berada di Pos Kamling di lingkungan RT yang dipimpinnya. ©Jurnalisia

    Penulis : Dolok

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...