Dandim Tanah Bumbu Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 16 Mei 2023

    Dandim Tanah Bumbu Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional

    Tanah Bumbu,
    Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Inf Aldin Hadi, SH, M.Tr (Han) bersama Kapolres Tanah Bumbu, Kajari Tanah Bumbu, Danlanal Kotabaru-Batulicin, Kepala KPH Kusan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pimpinan PT Arutmin Site Batulicin menghadiri dalam kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional yang dilaksanakan secara serentak oleh Jajaran TNI di seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, Senin (15/05/23).

    Kegiatan pembinaan Lingkungan Hidup di wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu berupa penanaman Mangrove di Desa Pulau Burung Kecamatan Simpang Empat merupakan upaya bersama dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

    "Mangrove for better life" merupakan tema yang diusung dalam kegiatan penanaman Mangrove Nasional termasuk di wilayah Kodim 1022/Tnb, dimana Indonesia memiliki 17.000 pulau baik pulau besar, pulau kecil, pulau berpenghuni maupun pulau yang tidak berpenghuni.

    Usai penanaman mangrove di wilayah Tanah Bumbu, Dandim menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari penanaman mangrove nasional.

    "Pada kegiatan penanaman Mangrove secara serentak oleh TNI, yang secara simbolis dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, sebanyak 1.100.169 pohon Mangrove ditanam di beberapa titik di seluruh wilayah Indonesia, khusus untuk wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu, kita menanam 1.000 pohon mangrove," ungkap Dandim.

    Lanjut Dandim, kegiatan penanaman Mangrove akan terus dilaksanakan, hal tersebut guna meningkatkan luas wilayah hutan Mangrove sebagai upaya untuk melindungi pesisir dan mengembalikan habitat hutan Mangrove yang ada di tanah air, dimana saat ini Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki hutan Mangrove terluas di dunia.

    "Tentu saja tidak hanya cukup dengan menanam, hal yang tidak kalah pentingnya adalah perawatan tanaman agar dapat tumbuh baik hingga dewasa, serta perlu adanya kepedulian seluruh pihak agar tidak menebang tanaman Mangrove secara sembarangan," tambah Dandim.

    Ke depannya menurut Dandim pula, TNI, dalam hal ini Kodim 1022/Tnb, akan berkomitmen dalam berkerjasama dengan seluruh pihak dalam mendukung pemerintah dalam meningkatkan ekosistem hutan Mangrove di Indonesia agar pantai kita lestari dan terjaga serta bisa membawa dampak positif bagi masyarakat setempat. ©Jurnalisia

    Sumber : Kodim 1022/Tnb
    👀 12409

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...