Bupati Tanah Bumbu Sebut Pesta Laut di Pagatan Sejak Ratusan Tahun Lalu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 21 Mei 2023

    Bupati Tanah Bumbu Sebut Pesta Laut di Pagatan Sejak Ratusan Tahun Lalu

    Tanah Bumbu,
    Bupati Tanah Bumbu, dr. H.M Zairullah Azhar menyebut event Mappanre ri Tasi'e yang dilaksanakan di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir; sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun lalu.

    Hal tersebut disampaikannya saat membuka pesta laut Mappanre ri Tasi'e, Sabtu Malam (20/05/23), di panggung utama Pantai Pagatan Kusan Hilir.

    Pesta laut yang sekaligus pameran berbagai hasil pembangunan dan produk masyarakat itu dilaksanakan dalam rangkaian memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 20 tahun 2023.

    “Tanah Bumbu memiliki laut yang luas, mulai dari Kecamatan Satui sampai Batulicin yang tentu menghasilkan rejeki bagi masyarakat Bumi Bersujud,” sebut Bupati. 

    Mengawali pelaksanaan Mappanre Ri Tasi'e tahun 2023 ini, sebut Bupati maka dilaksanakan Expo Tanah Bumbu atau pameran pembangunan dengan tema “Meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat untuk berkah kita semua di Tanah Bumbu”.

    Dari sejumlah sumber; pesta laut yang seperti disebut Bupati itu dulunya disebut Mappanre Tasi, kemudian sempat diubah namanya menjadi Mappanre ri Tasi'e di era Orde Baru karena konotasi nama Mappanre Tasi bernuansa syirik dalam Agama Islam yang mayoritas dianut oleh warga Nelayan di Pagatan Kusan Hilir. Namun penamaan Mappanre ri Tasi'e kemudian kembali ke Mappanre Tasi untuk beberapa tahun sebelum kemudian dinamai kembali Mappanre ri Tasi'e yang dalam terjemahan harfiah berarti melakukan kegiatan makan di laut atau diterjemahkan bebas sebagai berpesta di laut. ©Jurnalisia

    Sumber : Diskominfo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...