Beri Kuliah Umum di Sesko TNI, Hasto; Geopolitik Soekarno dan Pertahanan Negara - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 16 Mei 2023

    Beri Kuliah Umum di Sesko TNI, Hasto; Geopolitik Soekarno dan Pertahanan Negara

    Bandung,
    Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) RI yang juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Dr. Hasto Kristiyanto menyampaikan kuliah umum bertema geopolitik Soekarno di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI. Hasto menggelorakan para perwira yang akan menjadi pimpinan TNI masa depan untuk berani membangun ide dan imajinasi tentang kekuatan pertahanan Indonesia yang terkuat di dunia.

    Hasto memberi kuliah umum bertema “Membangun Kekuatan Pertahanan Negara Berdasarkan Teori Geopolitik Soekarno” di hadapan ratusan perwira siswa pendidikan reguler (Pasis Dikreg) Angkatan ke 52 Sesko TNI, di Bandung, Selasa (16/05/23). Jajaran Sesko TNI dipimpin Komandan Sesko, Marsekal Madya TNI Kusworo.

    “Mari berani berimajinasi. Karena imajinasi lebih hebat dari pengetahuan; itu kata Einstein. Tahun 1927 Bung Karno di Kota Bandung ini berani mengimajinasikan Indonesia merdeka, padahal kekuatan Belanda saat itu adalah salah satu yang terkuat di dunia. Apa rahasia kita merdeka ? Itu adalah the power of idea and imagination,” kata Hasto.

    Dilanjutkannya, “para pendiri bangsa kita menyebut idea over opinion. Jadi maksudnya; bagaimana misalnya sekarang kita imajinasikan kekuatan militer kita akan terkuat di Samudera Hindia misalnya, sehingga Indonesia menjadi pintu gerbang kemajuan di Pasifik. Dengan imajinasi dan ide tersebut, mari kita siapkan langkah strategisnya."

    Untuk bisa melakukannya menurut Hasto, para perwira TNI harus meyakinkan dirinya bahwa Indonesia punya syarat untuk menjadi negara hebat termasuk kekuatan militernya. 

    Hasto juga menekankan pentingnya pemimpin masa depan memiliki force projection, atau memanfaatkan semua potensi sumber daya yang ada untuk kepentingan nasional sesuai dengan tujuan bernegara.

    “Mari kita berpikir kreatif, bagaimana pertahanan kita lebih kuat dari negara lainnya, dan itu dibangun lewat imajinasi serta ide,” ajak Hasto. ©Jurnalisia

    Sumber : PDIP

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...