Bahasa | Konslet, Korslet, Konsleting, Kotsleting, Mana Yang Benar ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 28 Mei 2023

    Bahasa | Konslet, Korslet, Konsleting, Kotsleting, Mana Yang Benar ?

    ilustrasi 
    Arus pendek.
    Atau lengkapnya; arus pendek aliran listrik. Dalam Bahasa Inggris disebut short circuit. Tapi orang Indonesia yang konon lama dijajah oleh Bangsa Belanda menyebutnya dalam bahasa yang bernuansa ke-Belanda-an, atau mirip-mirip cara Orang Belanda menyebut. 

    Ada beberapa kata yang sering didengar untuk pengucapan tersebut, diantaranya; konslet (versi pendek), konsleting, dan konsluiting.

    Mirip memang dengan cara sebutan atau pelafalan dalam Bahasa Belanda, hanya saja kurang pas, karena lidah Orang Belanda menyebutnya; kortsluiting, dibaca kotsleting, atau bisa disebut dalam versi pendeknya yakni; kortsluit, dibaca kotslet.

    Kata yang mirip dengan kortsluit ataupun kortsluiting ini adalah kata dalam Bahasa Jerman; kurzschluss, dibaca koslos. Kemiripan antara Bahasa Belanda dengan Bahasa Jerman ini dikarenakan Bahasa mereka masih 1 rumpun yakni termasuk Bahasa Jermanik Hulu yang merupakan sub rumpun Bahasa Indo Eropa, dan ke 2 negara tersebut tetanggaan yang batas wilayah negara hanya oleh jalan raya. 

    Nah, cukup dulu kita ulas masalah bahasa yang sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari di negeri yang kata orang banyak sih; gemah ripah loh jinawi ini. ©Jurnalisia

    Sumber : wikipedia, google translate

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...