Rumah Inspirasi Kreatif Pelopori Pengembangan Masyarakat di Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 01 April 2023

    Rumah Inspirasi Kreatif Pelopori Pengembangan Masyarakat di Tanah Bumbu

    Tanah Bumbu,
    Namanya Rumah Inspirasi Kreatif yang diinisiasi seorang penggiat dan pemerhati usaha kecil bernama Anwar Ali Wahab, sudah mulai aktif sejak awal 2023 lalu

    Komunitas ini fokus pada pengembangan usaha masyarakat terutama di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Tanah Bumbu.

    Menurut Anwar Ali Wahab, komunitas ini mendapat sambutan hangat di Tanah Bumbu apalagi, sudah memiliki legalitas hukum yang sah dari Kementerian Hukum dan HAM RI dan Kesbangpol Kabupaten Tanah Bumbu.

    “Komunitas ini juga mendapat sambutan yang luar biasa dari pak Bupati Tanah Bumbu, dan beliau sangat bahagia dengan ide dan gagasan Rumah Inspirasi Kreatif,” ungkap Anwar Ali Wahab.

    Keberadaan komunitas ini kata Anwar, merupakan kesempatan bagus yang tak boleh disia-siakan. Sebagai komunitas baru; mesti mampu menunjukkan andil positif dalam pengembangan masyarakat.

    “Ada 8 program yang sudah kami siapkan untuk tahun ini,” ungkapnya.

    Yang ia maksud adalah 8 Smart Program 2023, yakni pembuatan pupuk organik granul, budidaya jamur tiram, ikan air tawar, pelatihan bisnis model canvas UMKM, frozen food, bordir dan arguci, analisis ternak kambing etawa serta pengenalan bisnis.

    “Semua instruktur program sudah siap, tinggal menunggu respons pihak perusahaan besar swasta yang beraktivitas di Tanah Bumbu untuk berpartisipasi,” harapnya.

    Anwar menambahkan dalam pelaksanaan program-program tersebut juga bakal menggandeng Pemkab Tanah Bumbu melalui instansi terkait. Ia pun memberi sedikit gambaran satu diantara program yang akan dijalankan yakni budidaya jamur tiram yang mana usaha ini bisa melejit.

    “Kami akan kenalkan dan kembangkan petani-petani budi daya jamur tiram, dimana hasilnya kelak siap dikirim ke kota-kota besar di Indonesia,” Anwar optimis.

    Anwar pun optimis keberadaan Rumah Inspirasi Kreatif bisa menjadi pelopor dalam meningkatkan sumber daya manusia yang terampil dan memiliki skil untuk memajukan daerah khususnya anak-anak muda di Tanah Bumbu.

    “Tentu kami berharap pihak swasta yang beraktivitas di Tanah Bumbu bergabung melalui dana partisipasi sosial mereka untuk meningkatkan SDM masyarakat,” tutupnya. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...