RIK Tanah Bumbu Bina 2 Desa Budidaya Jamur Tiram - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 26 April 2023

    RIK Tanah Bumbu Bina 2 Desa Budidaya Jamur Tiram

    Tanah Bumbu,
    Sejak dibentuk Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu mulai dikenal secara luas di wilayah Tanah Bumbu.

    Baru-baru tadi 2 desa di Tanah Bumbu tertarik untuk dibina yakni; Desa Dwi Marga Utama dan Kerta Buana di Kecamatan Sungai Loban.

    Ke 2 desa tersebut secara khusus ingin mendapat binaan untuk budidaya jamur tiram.

    Kepala Desa Dwi Marga Utama, Azhar menilai program yang ditawarkan RIK sangat relevan dengan karakteristik dan situasi masyarakat di wilayahnya.

    "Contoh, kami dan masyarakat menginginkan adanya suatu gagasan seperti budi daya jamur tiram. Sehingga ada kegiatan masyarakat kami di desa," ucapnya.

    Tentu saja tak hanya jamur tiram. Menurutnya program-program RIK lainnya juga bisa dijalankan, sehingga kegiatan yang dilakukan masyarakat berbuah positif.

    "Kami sangat mendukung dengan adanya program pembinaan seperti ini, sehingga kita bisa menuangkan atau mengusulkan sesuatu yang perlu kita kembangkan di desa," tuturnya.

    Azhar berharap program-program yang dijalankan RIK bisa membawa manfaat untuk masyarakat di desa terutama dalam peningkatan ekonomi.

    "Semoga impian kami di desa bisa kami usulkan lewat program tersebut," tandasnya.

    Terkait hal itu Ketua RIK, Anwar Ali Wahab mengungkapkan pihaknya tak akan lepas tangan. Mereka tak sekedar membina, tapi juga membantu dalam pemasaran.

    "Contohnya seperti jamur tiram. Kebutuhan pasar sangat tinggi khususnya di kota-kota besar. Untuk pemasarannya insya Allah tidak ada kendala. Dan Rumah Inspirasi Kreatif akan membantu memasarkan produk yang dihasilkan petani maupun pelaku usaha," jelas Anwar. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...