Jepang Rajanya Sepakbola Asia, Indonesia "Sakit Barangnya" - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 02 April 2023

    Jepang Rajanya Sepakbola Asia, Indonesia "Sakit Barangnya"

    Jurnalisia Sport,
    Orang Banjar bilang, "sakit barangnya."

    Itulah posisi ranking sepakbola Indonesia menurut daftar FIFA (Federation International Football Association) atau Federasi Asosiasi Sepakbola Dunia; baik ranking Zona Asia apalagi Zona Internasional (Dunia).

    Sepakbola Indonesia hanya berada di ranking 28 Zona Asia dari 46 negara, dan ranking 150 Dunia per 30 Maret 2023. Posisi Indonesia berada 3 tingkat di bawah Timnas Sepakbola Malaysia yang menempati ranking 25 Zona Asia dan 9 tingkat di bawah Malaysia untuk ranking dunia.

    Ranking Pertama Zona Asia ditempati oleh Jepang yang pada ranking dunia menempati urutan 20, disusul Iran (Ranking Dunia 24), Korea Selatan (Ranking Dunia 27), Australia (Ranking Dunia 29), Arab Saudi, Qatar, Irak, Uni Emirat Arab, Oman dan Uzbekistan.

    Dibanding Timnas Palestina saja Indonesia kalah jauh, karena Palestina berada di ranking 15 Zona Asia dan raking 93 dunia. Indonesia boleh senang karena berada di atas Singapura, Myanmar dan Laos untuk kawasan Negara ASEAN. 

    Sepakbola Indonesia selama ini dikenal gegap gempita tapi minim prestasi. Yang membuat sepakbola Indonesia terkenal di dunia bukan presatsinya tapi tragedi dan politisasi; tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang pada Oktober 2022 lalu, dan yang baru-baru tadi; penolakan terhadap Timas U-20 Israel yang berakibat Indonesia dibatalkan FIFA sebagai tuan rumah pelaksana Piala Dunia Sepakbola U-20. ©Jurnalisia

    Sumber : Football Ranking, BBC

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...