Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi Kemendagri - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 20 Maret 2023

    Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi Kemendagri

    Tanah Bumbu,
    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) Pengendalian Inflasi menjelang bulan puasa secara virtual yang diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (20/03/23).

    Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini menuturkan harga cabe merah, cabe rawit, dan telur ayam dari tanggal 3 hingga 17 Maret 2023 mengalami kenaikan. 

    Pada pemaparannya tentang Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Indonesia, pada minggu ke 3 bulan Maret 2023 terdapat 10 Kota/Kabupaten yang mengalami kenaikan IPH tertinggi. Kabupaten Buton Utara Propinsi Sulawesi Tenggara berada di urutan teratas kenaikan harga tertinggi di 16,21 persen. Sementara yang berada di urutan penurunan IPH tertinggi ada di Kabupaten Aceh Tamiang yakni minus 6,81 persen. 

    Menurut data BPS, cabai merah menjadi bahan pokok dengan fluktuasi biaya yang signifikan. Fluktuasi itu terjadi di 71 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. 

    Ketua Satgas Pangan Polri, Whisnu Hermawan menjelaskan tren kenaikan bahan pokok yang harganya melonjak cabai merah dan bawang putih dalam 6 minggu terakhir. Dalam beberapa minggu terakhir terdapat beberapa wilayah di Indonesia Timur yang cenderung tinggi bahan pokoknya seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. 

    Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir berharap seluruh pemerintah daerah dapat mempercepat segala proses pendistribusian sehingga harga dapat stabil. 

    “Tolong konsolidasikan untuk mencermati barang yang stoknya cukup. Stoknya cukup saja harga bahan pokoknya bisa naik apalagi kurang. Tidak ada gunanya stok ada, tapi tidak bisa mengendalikan harga. Perlu ditindak tegas juga oknum perusahaan atau distributor yang bermain di situasi saat ini,” tegasnya. ©Jurnalisia 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...