Seks Bebas, HIV Ancam Kabupaten Belu; 2 Pelajar Tertular - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 28 Maret 2023

    Seks Bebas, HIV Ancam Kabupaten Belu; 2 Pelajar Tertular

    Belu NTT,
    Terdapat penambahan jumlah Pengidap HIV di Kabupaten Belu NTT di tahun 2023 yang di tahun 2022 berjumlah 91 orang naik menjadi 99 orang di tahun 2023.

    Hal itu seperti diungkapkan Agusto Lopez Martins, Kepala Puskesmas Umanen Kecamatan Atambua Barat. Bahkan menurut Agusto; terdapat 2 Pelajar SMA di Belu yang tertular HIV. Bertambahnya jumlah itu diduga kuat akibat maraknya kegiatan seks bebas, apalagi wilayah Kabupaten Belu berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste yang bisa dijadikan sebagai wilayah transit paling nyaman bagi para PSK asal Indonesia yang ingin bisnis lendir ke negara bekas propinsi Indonesia itu.

    "Kelurahan paling tinggi itu di Kelurahan Umanen dengan jumlah 49 orang. Dari 49 orang ini yang paling banyak itu ibu rumah tangga, menyusul petani, tukang ojek dan anak-anak pelajar SMA ada 2 orang," ujar Agusto.

    Ditambahkannya, penularan HIV itu disebabkan oleh seks bebas hubungan intim dengan yang bukan pasangan. Hal ini diungkapkannya pada kesempatan sosialisasi pencegahan HIV oleh Yayasan CFD Bethesda Yakkum Jogyakarta di Kantor Camat Atambua Barat. ©Jurnalisia

    Penulis : AYM

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...