Flu Burung di 2 Kecamatan di Tanah Bumbu, Pemkab Ajak Pencegahan Biosekuriti - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 01 Maret 2023

    Flu Burung di 2 Kecamatan di Tanah Bumbu, Pemkab Ajak Pencegahan Biosekuriti

    ilustrasi
    Tanah Bumbu,
    Ditengarai adanya wabah penyakit flu burung (H5N1) berjangkit di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dalam beberapa hari terakhir.

    Sumber media ini menyebut terdapat di 2 wilayah Kecamatan yang terdapat puluhan warganya yang terkena flu burung yakni di wilayah Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Setia Budi, SKM ketika dikonfirmasi terkait adanya flu burung itu, Rabu (01/03/23), mengatakan pihaknya tak dapat mengkomfirmasi masalah tersebut karena menjadi kewenangan dinas terkait yakni Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Peternakan.

    "Leading sector masalah itu adalah dinas terkait; Dinas Peternakan, kami akan mengikuti mereka saja, namun kami akan melakukan koordinasi terkait masalah itu," kata Setia Budi.

    Informasi terhimpun menyebut dari sebanyak 80 sampel yang diperiksanakan terkait flu burung itu setidaknya terdapat 30 unggas yang positif flu burung. 

    Pemkab Tanah Bumbu mengajak masyarakat atau peternak melakukan strategi pengendalian flu burung dengan biosekuriti atau mencegah kuman penyakit masuk ke area peternakan. Hal itu untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran virus flu burung tidak meluas. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...