Masuk Rekor MURI; Bendungan Semantok di Jawa Timur Terpanjang se Asia Tenggara - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 06 Februari 2023

    Masuk Rekor MURI; Bendungan Semantok di Jawa Timur Terpanjang se Asia Tenggara

    Nasional,
    Memiliki panjang mencapai 3.100 meter; Bendungan Semantok di Jawa Timur diklaim sebagai bendungan terpanjang di kawasan Asia Tenggara, dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). 

    Bendungan Semantok yang diresmikan pada 20 Desember 2022 lalu oleh Presiden RI, Joko Widodo, menelan biaya APBN sebesar Rp 2,5 trilyun.

    Dikerjakan sejak Desember 2017 hingga Nopember 2022, merupakan bendungan ke 30 dari 61 bendungan yang ditargetkan selesai dalam periode 2015-2024.

    Tujuan dibangunnya Bendungan Semantok adalah terutama untuk mendukung ketahanan pangan di Jawa Timur, mendukung infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan dapat mengurangi risiko banjir 137 meter kubik per detik pada kawasan hilir yakni di Kecamatan Rejoso.

    Selain itu menyediakan air bersih bagi 143 ribu jiwa di Kecamatan Rejoso dan Nganjuk. Selebihnya adalah berpotensi sebagai tujuan pariwisata dan pengembangan olahraga air di Jawa Timur yang dapat menumbuhkan ekonomi lokal.

    Bendungan Semantok bertipe urugan random tipe zonal; panjang mercu 3.100 meter, tinggi inti tegak 31,56 meter, kapasitas; 32,67 juta meter kubik bersumber dari aliran Sungai Semantok, luas genangan 365 hektar, dan daerah irigasi 1.900 Ha. ©Jurnalisia

    Sumber : Kementerian PUPR


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...