Barongsai Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 05 Februari 2023

    Barongsai Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Kotabaru

    Kotabaru,
    Perayaan Cap Go Meh oleh para warga keturunan Tionghoa di Kotabaru dan sekitarnya direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu Malam Senin (05/02/23), bertempat di Tepekong An Hwa Tian di Jl. Sisingamaraja Kotabaru Kecamatan Pulau Laut Utara.

    Sebelum merayakan Cap Go Meh nanti malam, Barongsai dari Tepekong An Hwa Tian Kotabaru pada hari siangnya berkeliling atau mengunjungi para warga keturunan Tionghoa di toko-toko, rumah, kantor dan lainnya, yang menjadi tontonan masyarakat umum.

    Seperti yang dikatakan Aceng; menurut kepercayaan warga Tionghoa; Barongsai bisa mengusir roh-roh jahat di dalam rumah/toko sehingga bisa mendatangkan rejeki yang diharapkan.

    Perayaan Cap Go Meh dewasa ini telah menjadi milik umum, tidak hanya bagi warga keturunan Tionghoa tetapi masyarakat lainnya yang ikut melihat berbagai kesenian yang ditampilkan seperti tarian, pertunjukkan Tarian Singa dan Naga (Barongsai), berbagai lampion, serta petasan. Bagi warga keturunan Tionghoa yang beragama Konghucu mereka melakukan ibadah di tepekong; berdoa untuk keselamatan dan berkah.

    Menurut seorang Pengusaha keturunan yang kini bermukim di Batulicin Tanah Bumbu yang enggan disebut namanya mengatakan, baik perayaan tahun baru Imlek maupun Cap Go Meh tak ada kaitan langsung dengan agama tertentu yakni Konghucu, tapi yang berhubungan dengan suku bangsa Tionghoa apapun agama dan kepercayaannya. ©Jurnalisia

    Penulis : Agus Ariyanto

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...