Ritual Adat Cagar Budaya Akan Segera Dilaksanakan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 18 Januari 2023

    Ritual Adat Cagar Budaya Akan Segera Dilaksanakan

    Kapuas,
    Jauh di tengah hutan yang berlokasi di Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalteng akan diadakan ritual adat cagar budaya Tugu Human Taluh (Dayak; Tugu Rumah Hantu) pada Rabu, 25 Januari 2023 mendatang.

    Hal tersebut disampaikan Matra, Mantir Kepala Adat Panamas kepada Manli D. Apil, SH, Damang Kepala Adat Selat, Rabu (18/01/23).

    "Kita akan segera melaksanakan ritual adat Tugu Human Taluh di tengah hutan Panamas ini, salah satunya karena tepat di lokasi itu terdapat tugu yang dibuat oleh Belanda pada saat jaman penjajahan, dan kami menemukan sebuah batu putih yang pasti berumur ratusan tahun seukuran lengan sangat kuat dan keras, karena saat ditemukan ada sebuah traktor di tengah hutan yang hancur rantai rodanya karena menggilas batu kecil ini," ungkap Mantir.

    Damang Kepala Adat Selat menyambut baik laporan itu dan telah melaporkan lagi hal tersebut secara legal pada Lurah dan Camat setempat.

    "Hal ini menyangkut peninggalan leluhur kita dan di areal lokasi itu merupakan rumah mereka di alam lain, dan cagar budaya tersebut milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang akan dikelola oleh Disparsenibud untuk masyakat. Dan kami sangat bangga pada pihak PT Menteng Kencana Mas (MKM) yang akan membantu sepenuhnya ritual adat cagar budaya tersebut,"pungkas Manli D. Apil SH. ©Jurnalisia 

    Penulis : Dolok

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...