Perwakilan Kedubes Kanada Kunjungi Bener Meriah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 10 Januari 2023

    Perwakilan Kedubes Kanada Kunjungi Bener Meriah

    Aceh,
    Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga menerima kedatangan Perwakilan Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timur Leste, Jessica Chan di Pendopo Bupati Bener Meriah, setibanya melakukan perjalanan darat dari Bandara Malikulsaleh Lhokseumawe, Minggu (08/01/23).

    Kunjungan perdana Jessica Chan yang didampingi Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri disambut dengan pengalungan Sal Kerawang khas Gayo oleh Pj Ketua TP PKK Bener Meriah, Risnawati, S.SiT, dalam rangka peninjauan kelompok perempuan yang mengolah Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Kecamatan Syiah Utama, yang mana kelompok ini telah mereka bina sejak tahun 2020 bersama Katahati Institute.

    Jessica menyebut bahan olahan berupa Keripik Janing dan Gula Aren yang diproduksi oleh Kaum Perempuan Samar Kilang itu; sudah ditampilkan dalam kegiatan G-20 di Bali beberapa waktu lalu. Dan tak tanggung-tanggung ia juga memperkenalkan produk asli Bener Meriah ini langsung kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau saat bertemu di Bali.

    Haili Yoga pun mengucapkan “berizin” atau terimakasih dalam bahasa Gayo; pertama, atas kedatangan Perwakilan Duta Besar Kanada itu di Bener Meriah, dan yang kedua, atas bantuannya melalui The Canada Fund for Local Initiatives (CLFI) yang telah membantu mendampingi kelompok perempuan di Kecamatan Syiah Utama.

    Kepada Jessica Chan, Haili Yoga berharap program ini terus merambah ke kampung/desa dan kecamatan lainnya, karena benar-benar memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya kelompok perempuan, terlebih potensi sumber daya alam bukan saja kayu yang dimiliki Bener Meriah cukup besar, hanya saja terkendala di keterampilan mengolah dan memasarkannya.

    Lanjutnya, seperti halnya di Syiah Utama, dengan pembinaaan yang dilakukan Katahati dan Kedutaan Kanada, produk-produk yang dulunya dipasarkan lokal, kini sudah memasuki pasar nasional dan bahkan mungkin internasional.

    Selain itu ia juga menegaskan, Pemerintah Daerah akan terus mendukung Program CLFI ini melalui beragam kebijakan Pemerintah Daerah, terutama dalam perluasan pasar di tingkat lokal dan nasional yang akan dibantu oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah.

    Jajaran Pemkab Bener Meriah yang hadir dalam penyambutan itu diantaranya Pj. Sekda, Armansyah, SE, M.Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sayutiman, SE, MM dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK). ©Jurnalisia 

    Penulis : Muji Ibrahim

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...