Perayaan Imlek 2023 di Kotabaru Sepi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 22 Januari 2023

    Perayaan Imlek 2023 di Kotabaru Sepi

    Kotabaru, 
    Tahun Baru Imlek 2023 dirayakan oleh umat agama Konghucu di Kabupaten Kotabaru yang jatuh pada hari ini, Minggu (22/01/23)

    Dalam zodiak Tionghoa, Imlek 2023 ini dikenal sebagai Tahun Kelinci Air yang dipercaya sebagai tahun harapan.

    Kelinci melambangkan kedamaian dan kemakmuran, sedangkan elemen air akan membawa beberapa perubahan tak terduga bagi manusia. 

    Di Indonesia, Tahun Baru Imlek 2023 diraayakan dengan beberapa tradisi mulai dari memasang lampion, memberi angpau hingga pertunjukan barongsai.

    Berbeda di Kabupaten Kotabaru umat Konghucu pada hari Tahun Baru Imlek tahun 2023 ini mereka melakukan sembahyang di vihara (tepekong, kelenteng, Red) An Hwa Tian di Jl. Sisingamaraja Kotabaru terasa sepi.

    Menurut Koh Aseng, seorang anggota jemaat mereka melakukan sembahyang di kelenteng secara sendiri atau satu keluarga dan selesai sembahyang langsung pulang ke rumah, jadi tidak terlihat warga Konghucu terkumpul di kelenteng . 

    Namun tambah Koh Aseng, pada 5 Pebruari 2023 nanti setelah hari Imlek barulah di hari Cap Go Meh akan ramai kelentwng dikunjungi warga Konghucu dan masyarakat untuk melihat pertunjukkan barongsai dan kesenian lainnya.©Jurnalisia 

    Penulis : Agus Ariyanto

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...