Penyelesaian Tanah Adat, PT MKM Fasilitasi 300 Warga Bentuk Koperasi Petani Plasma - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 15 Januari 2023

    Penyelesaian Tanah Adat, PT MKM Fasilitasi 300 Warga Bentuk Koperasi Petani Plasma

    Kapuas,
    Wahyudianto, Manajer Plasma PT Menteng Kencana Mas (MKM) menyerahkan data dan blangko pembentukan koperasi untuk warga Kelurahan Panamas melalui Manli D. Apil, SH, Damang Kepala Adat Selat, Sabtu (14/01/23) sekira jam 10.00 WIB, bertempat di Sekretariat Damang Kepala Adat Kecamatan Selat Kapuas, Kalteng. 

    "Kami dari perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) memberikan konsep program plasma pasif dan pembentukan koperasi untuk kebun plasma di area Kelurahan Panamas ini, hal ini kami lakukan terutama untuk kesejahteraan masyarakatnya," ungkap Wahyudianto.

    Ia menambahkan nanti Rabu (18/01/23) akan dilakukan pengukuran ulang area lahan tanah adat di Kelurahan Panamas bersama masyarakat setempat.

    Damang Kepala Adat Selat menyampaikan terimakasih atas kedatangan Manajer Plasma PT MKM ini bersama stafnya yang memberikan data dan blangko plasma untuk warga tersebut.

    "Kami berterimakasih kepada pak Wahyudianto bersama rekan dari PT MKM ini yang areal lahannya memasuki tanah adat masyarakat Panamas, dan sekitar 300 orang warga yang direncanakan menjadi petani plasma PT Borneo Sawit Gemilang (PT MKM) dan akan mendirikan Koperasi Masyarakat yang rencana bernama Koperasi Panamas Jaya", kata Damang Kepala Adat Selat. 

    Ia juga mengatakan hal tersebut sesuai saran Bupati Kapuas; agar tanah adat tidak boleh diperjualbelikan dan semestinya dikelola untuk kesejahteraan masyarakat bersama. ©Jurnalisia 

    Penulis : Dolok

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...