Pelatihan Olah Sampah Organik Eco Enzyme di Lapas Batulicin - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 31 Januari 2023

    Pelatihan Olah Sampah Organik Eco Enzyme di Lapas Batulicin

    Tanah Bumbu,
    Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan pelatihan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin, Selasa (31/01/23).

    Pada kesempatan ini DLH Kabupaten Tanah Bumbu berkerjasama dengan satu perusahaan di bidang pertambangan menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengolahan sampah organik berbasis Eco Enzyme; berupa cairan fermentasi yang telah terbukti memberikan manfaat besar untuk lingkungan.

    Kegiatan ini merupakan satu diantara upaya untuk memanfaatkan sampah organik yang apabila dibuang begitu saja malah akan menimbulkan masalah bagi lingkungan.

    Kegiatan Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Lapas Batulicin, Bambang Hari Widodo, Kepala DLH Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Sekretariat, Halidie, S.AP, MM, Supervisor dari pihak perusahaan, Budhiwan Pradana, dan Dr.Eng. Ar.ir. Akbar Rahman, ST, MT sebagai Narasumber dari Eco Enzyme Nusantara.

    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel melalui Kepala Lapas (Kalapas) Batulicin melaksanakan kegiatan ini diikuti sebanyak 60 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Batulicin.

    Akbar Rahman sebagai Narasumber memaparkan dan mempraktikkan materi dari kegiatan pelatihan pengolahan sampah organik berbasis Eco Enzyme ini. 

    “Dengan pengolahan sampah organik berbasis Eco Enzyme, kami meyakini ini menjadi solusi untuk permasalahan sampah di sekitar kita,” ujar Akbar. 

    Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari DLH Kabupaten Tanah Bumbu kepada Lapas Batulicin sebagai bentuk apresiasi atas terselenggaranya pelatihan pengolahan sampah organik menjadi Eco Enzyme. DLH Kabupaten Tanah Bumbu juga memberikan piagam apresiasi kepada pihak perusahaan dan 2 perwakilan WBP sebagai peserta kegiatan pelatihan.

    Kalapas Kelas III Batulicin mengucapkan terimakasih dan menyampaikan harapannya dalam terselenggarakannya kegiatan ini.

    “WBP yang sedang menjalani masa pidananya bukan berarti tidak aktif, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi bekal mereka ketika bebas nanti,” harap Bambang. ©Jurnalisia

    Sumber : Lapas Batulicin

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...